• KANAL BERITA

Bantuan APBD untuk Pilkades Tidak Sama

Camat Bumiayu Apriyanto Sudarmono mensosialisasikan peraturan dan tahapan pilkades serentak tahap I tahun 2019 di Desa Langkap.  (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)
Camat Bumiayu Apriyanto Sudarmono mensosialisasikan peraturan dan tahapan pilkades serentak tahap I tahun 2019 di Desa Langkap. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)

BUMIAYU, suaramerdeka.com - Bantuan keuangan dari APBD untuk setiap desa peserta pilkades serentak tahap I tahun 2019 di Kabupaten Brebes, tidak sama, namun bervariasi atau sesuai jumlah pemilih, sehingga besaran bantuan tiap-tiap desa berbeda.

Camat Bumiayu Apriyanto Sudarmoko mengemukakan, pilkades serentak tahap I akan dilaksanakan pada 16 Juni di 148 desa.

"Tujuh di antaranya dilaksanakan di Bumiayu, yakni di Desa Pruwatan, Bumiayu, Dukuhturi, Langkap, Kalisumur, Kalilangkap dan Kalinusu," kata camat dalam acara sosialisasi pilkades di Desa Langkap, Rabu (20/3).

Masing masing desa peserta pilkades  akan mendapatkan bantuan dari APBD dengan besaran bervariasi, tergantung pada jumlah pemilih.

"Besaran bantuan mulai dari Rp 30 juta, 40 juta dan Rp 50 juta," katanya.

Bantuan APBD dipergunakan untuk membiayai kegiatan utama seperti pengadaan surat suara, surat undangan, bilik, honorarium panitia dan pelantikan kades terpilih.

"Adapun untuk kegiatan pendukung dialokasikan dari APBDes. Setiap desa minimal menganggarkan Rp 30 juta bersumber dari Alokasi Dana Desa," katanya.

Pemkab telah menyusun jadwal tahapan penyelenggaraannya. Pada Maret, tahapan meliputi penetapan perdes Pilkades (9-20 Maret) pembentukan panitia pilkades (21-23 Maret), penyusunan anggaran (24-30 Maret) pendaftaran bakal calon kades (31 Maret-8 April).

Agar pelaksanaan pilkades jauh dari konflik, camat mengingatkan agar panitia pilkades yang terbentuk dapat bekerja secara netral dan profesional.

"Laksanakan tugas dan fungsi panitia pilkades sesuai dengan aturan yang ada. Ini penting untuk menghindari adanya konflik," kata camat.


(Teguh Inpras Tribowo/CN42/SM Network)