• KANAL BERITA

Proyek Tuk Uleng II Dilelang April

Tim PDAM Kabupaten Brebes meninjau broncaptering (bangunan penangkap mata air) Tuk Uleng di kawasan hutan Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog. (suaramerdeka.com/dok)
Tim PDAM Kabupaten Brebes meninjau broncaptering (bangunan penangkap mata air) Tuk Uleng di kawasan hutan Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog. (suaramerdeka.com/dok)

BUMIAYU, suaramerdeka.com – Kelanjutan pekerjaan tahap II proyek pembangunan sumber air baku Tuk Uleng di kawasan hutan Perhutani Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Brebes, akan dilelang April mendatang.

Humas PDAM Kabupaten Brebes Muflikhin, Rabu (20/3), mengatakan meskipun proyek itu menggunakan anggaran tahun jamak, namun pembangunan tahap II tetap dilelang.

‘’Jadi tidak serta merta rekanan yang mengerjakan tahap I kembali melanjutkan pekerjaan tahap II," kata Muflikhin.

 Pada pembangunan tahap I, Muflikhin menjelaskan, telah menyelesaikan pembuatan dua unit broncaptering (bangunan penangkap air baku dari mata air) dan pipa jaringan sepanjang 1,5 kilometer.

Adapun pada pembangunan tahap II, tahun ini, pekerjaannya meliputi pembuatan bak pengumpul, reservoir, bak pelepas tekan dan pipa distribusi sepanjang 30 kilometer.

"Proses lelang akan dimulai bulan depan. Anggarannya bersumber dari APBN sebesar Rp 44 miliar," katanya.

Menurut Muflikhin, leading sektor pembangunan tahap II ini adalah Satker PSDA Jateng. PDAM hanya sebagai operator.

"Dari total kapasitas produksi air 1.200 liter/detik yang dimiliki Tuk Uleng, hanya akan diambil sebanyak 200 liter/detik untuk air baku PDAM," ujarnya.

Pembangunan sumber air baku Tuk Uleng untuk mengoptimalkan layanan air bersih kepada masyarakat pelanggan di Kecamatan Sirampog, Bumiayu, Tonjong dan Bantarkawung. Selain itu, untuk memperluas cakupan pelanggan hingga 16.000 sambungan rumah (SR) baru.

Dengan proyek ini, beberapa wilayah yang selama ini sulit air seperti Kalijurang, Galuhtmur, Kaligadung, Benda dan Penggarutan akan teratasi dengan jaringan PDAM. Pihaknya berharap pembangunan selesai sesuai target dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.


(Teguh Inpras Tribowo/CN42/SM Network)

Berita Terkait
Loading...
Komentar