• KANAL BERITA

Kumpulkan Kepala Desa, Bupati Batang Bahas Berita Hoax dan Ujaran Kebencian

Para Kepala Desa se Kabupaten Batang melakukan foto bersama usai mengikuti kegiatan Forum Group Diskusi (FGD) (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)
Para Kepala Desa se Kabupaten Batang melakukan foto bersama usai mengikuti kegiatan Forum Group Diskusi (FGD) (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

BATANG,suaramerdeka.com - Bupati Batang Wihaji mengatakan, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang tinggal menghitung hari, marak sekali beredar berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat menggangu kondusifitas wilayah.

"Tidak dipungkiri munculnya berita hoax yang kadang-kadang salah menjadi benar dan benar menjadi salah. Ukurannya beda tipis, karena informasi yang setiap saat dimasukkan dalam media sosial belum tentu benar," kata Bupati Wihaji dalam Forum Group Diskusi (FGD) dengan Kepala Desa se Kabupaten Batang, di Pendopo Kantor Bupati setempat, Rabu (20/3).

Ia mengatakan, berita hoax menjadi kebenaran, melalui hasil survai dari sekian informasi yang secara terus menerus diproduksi akan diyakini oleh masyarakat menjadi benar, dan ini sangat membahayakan.

"Ada dua hal yang harus kita lakukan untuk mengcounter berita hoax. Yaitu disaring informasi kebenarannya, apakah merupakan ujaran kebencian atau tidak yang nantinya bisa melanggar Undang - Undang ITE," kata Wihaji.

Bupati juga meminta Kepala Desa untuk terus bersinergi dengan Forkopimda guna menyukseskan Pemilu yang damai dan memastikan kondisi wilayahnya Pemilihan Presiden dan Legislatif aman dan kondusif.

"Harus ada sinergi dengan Kepolisian, TNI dan Pemkab, jika terjadi sesuatu permasalahan akan cepat diselesaikan,"ujar Wihaji.

Bupati mengingatkan, Kepala Desa harus memastikan perlengkapan Pemilu di desa telah siap.

“Sambut pesta demokrasi penuh dengan kebahagian. Gunakan hak pilih dengan baik, karena akan menentukan pembangunan dan kemajuan Bangsa lima tahun mendatang," pesan Bupati Wihaji.

Dalam kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav Henry Rudy Napitupulu menambahkan, Kepala Desa harus bersinergi dengan Polisi dan TNI untuk mengamankan dan menyukseskan Pemilu 2019.

"Sebagai aparatur negara, kita tunjukan guyub rukun di Kabupaten Batang untuk sukseskan Pemilu yang aman dan kondusif," kata Letkol Kav Henry Rudy Napitupulu. 


(Kasirin Umar/CN42/SM Network)