• KANAL BERITA

Jembatan Bailey Plompong Terpasang

Jembatan bailey telah terpasang di lokasi Jembatan Plompong, Kecamatan Sirampog, Brebes. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)
Jembatan bailey telah terpasang di lokasi Jembatan Plompong, Kecamatan Sirampog, Brebes. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)

BUMIAYU, suaramerdeka.com - Proses pemasangan jembatan bailey di lokasi Jembatan Plompong, di Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, Brebes, rampung dan segera difungsikan beberapa hari ke depan, menunggu pengerjaan oprit.

‘’Saat ini para pekerja masih menyelesaikan oprit jembatan. Kalau untuk rangka bailey seluruhnya sudah terpasang," kata Pengawas DPU UPTD Wilayah Bumiayu Siswanto, Senin (18/3).

Menurutnya, oprit dibuat karena ada beda ketinggian antara badan jembatan bailey dan jembatan lama. Pengerjaan oprit diperkirakan membutuhkan waktu 3-4 hari.

"Kalau cuaca mendukung atau tidak hujan, penyelesaiannya bisa lebih cepat," kata dia.

Pemasangan bailey untuk menggantikan bagian jembatan Plompong yang ambrol diterjang banjir pada Januari lalu. Panjang bailey 36 meter. Warga setempat, Hasan (45), mengaku senang jembatan bailey akan segera difungsikan.

Setelah jembatan bailey terpasang, lanjut Hasan, warga berharap pemkab melanjutkan pembangunan jembatan permanen. Sebab, jembatan baru dinilai lebih optimal mendukung aktivitas warga ketimbang bailey.

 Mantan kades Plompong Fatoni mengungkapkan, pada 2017, pemkab membangun jembatan baru persis di sebelah barat jembatan lama. Namun belum selesai dibangun, konstruksi jembatan ambruk diterjang banjir.

"Bupati saat berkunjung telah merespons dan menegaskan jembatan baru akan dilanjutkan," kata Fatoni.


(Teguh Inpras Tribowo/CN42/SM Network)