• KANAL BERITA

Temuan Situs Gaten Diperkirakan Candi Hindu

Salah satu temuan situs di Dusun Gaten, Desa Sumberrejo, Kecamatan Tempel, Sleman yang diperkirakan bangunan candi Hindu. (suaramerdeka.com/dok)
Salah satu temuan situs di Dusun Gaten, Desa Sumberrejo, Kecamatan Tempel, Sleman yang diperkirakan bangunan candi Hindu. (suaramerdeka.com/dok)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Batuan andesit banyak ditemukan di sekitar lokasi pemakaman umum Dusun Gaten, Desa Sumberrejo, Kecamatan Tempel, Sleman. Menindakanjuti temuan itu, pamong kebudayaan dari Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman telah melakukan cek lokasi dengan didampingi ahli waris tanah, dan salah satu perangkat Desa Sumberrejo sebagai narasumber.

Hasilnya sebagaimana disampaikan Kepala Disbud Sleman Aji Wulantara, cukup banyak ditemukan bebatuan yang merupakan bagian dari bangunan candi di areal makam tersebut.

"Batu-batu itu biasanya didapat saat menggali makam. Pernah juga ditemukan arca ganesha tapi diketahui sudah dijual," kata Aji kepada wartawan, Selasa (19/3).

Selain patung ganesha, warga juga menemukan satu lagi arca yang disebut sebagai arca berhala. Untuk sementara, temuan batu relief itu disimpan di tempat penampungan yang ada di daerah Seyegan.

Mengutip penuturan warga, Aji menyebut masih terdapat beberapa batuan yang terpendam di dalam tanah, dan sebagian dijadikan dasar batu nisan. Temuan batuan itu diidentifikasi sebagai bagian atap berupa kemuncak, dan bagian atas berupa antefik. Lainnya adalah pelipit polos dan pelipit berukir, serta batuan isian candi.

"Kesimpulannya, temuan tersebut diperkirakan bangunan candi bercorak agama Hindu," imbuh Aji.

Pihaknya menyambut gembira atas penemuan cagar budaya ini.  Hal itu menunjukkan adanya kekayaan purbakala yang masih tersembunyi di Sleman. Dia pun meminta masyarakat untuk memberikan informasi jika menemukan benda yang diduga cagar budaya.

Setelah ini akan dilakukan penelitian untuk mendapatkan kepastian tentang keberadaan objek. Tim ahli cagar budaya Kabupaten Sleman nantinya akan melakukan kajian secara mendalam. Apabila memenuhi persyaratan maka akan direkomendasikan untuk ditetapkan sebagai cagar budaya.


(Amelia Hapsari/CN42/SM Network)