• KANAL BERITA

Akses Selatan Pasar Klewer Dibuka Sementara

MELINTAS: Beberapa pengunjung melintasi akses jalan di sisi selatan Pasar Klewer, Senin (18/3). (suaramerdeka.com/M Ilham Baktora)
MELINTAS: Beberapa pengunjung melintasi akses jalan di sisi selatan Pasar Klewer, Senin (18/3). (suaramerdeka.com/M Ilham Baktora)

SOLO, suaramerdeka.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta, akhirnya membuka akses parkir di selatan Pasar Klewer, menyusul keluhan pedagang lantaran kios di sisi selatan sepi pembeli. Sebelumnya akses itu ditutup hanya untuk bongkar muat barang.

‘’Akses jalan tersebut sudah dibuka dan bisa dilintasi kendaraan bermotor. Selain itu, parkir motor di jalan sisi barat pasar dialihkan ke selatan pasar guna memberi area luas terhadap pengguna jalan dari arah selatan ke utara,’’ ungkap Kepala Bidang Perparkiran Dishub Surakarta, M Usman, Senin (18/3).

Alasan penutupan lantaran beberapa alat berat kerap terparkir di ujung barat jalan untuk membangun Pasar Klewer Timur. Namun pengaktifan akses parkir tersebut bersifat sementara, sekitar tiga pekan. Jika Pemkot mulai membangun pasar Klewer Timur akan ditutup kembali seperti semula.

Usman mengakui saat  rapat koordinasi bersama Dinas Perdagangan (Disdag) Surakarta, Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), muncul keluhan kios di selatan pasar sepi pengunjung. ‘’Mobil kami imbau tak melintasi akses itu karena berdekatan dengan tembok Keraton yang berusia tua,’’ kata dia.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), Tafip Harjono mengaku, setelah diaktifkannya akses jalan untuk parkir dan melintas itu, terdapat perubahan pola pengunjung untuk mencari pakaian di pasar setempat.

‘’Sebelum dibuka untuk parkir, keadaan pedagang di sisi selatan memang terlihat sepi. Kami menerima keluhan dan masukan dari pedagang, sehingga koordinasi dan ada permintaan pengaktifan akses jalan tersebut,’’ kata Tafip.


(M Ilham Baktora/CN39/SM Network)