• KANAL BERITA

Bupati Tegal Geram, Belum Satu pun Proyek Fisik DPU Dilelang

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

TEGAL, suaramerdeka.com - Hingga kini, belum ada satu pun proyek fisik APBD 2019 milik Dinas Pekerjaan Umum tayang di Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Bupati Tegal, Umi Azizah, mengaku geram dan mengintruksikan DPU segera melelang Minggu ini.

‘’Minggu ini, sudah harus ada yang tayang di SPSE. Jangan sampai pekerjaan menumpuk di akhir tahun,’’ tegas Umi, Senin (18/3).

Sebelumnya, Bupati minta semua OPD, termasuk DPU mempercepat proses lelang proyek fisik yang dibangun tahun ini. Bupati tidak menginginkan proyek fisik digarap di akhir tahun anggaran, sehingga tidak rampung.

‘’Kami sudah sampaikan bolak-balik. Kami juga sudah mengumpulkan semua OPD untuk menandatangani pakta integritas dalam pengerjaan proyek pemerintah,’’ katanya.

Bupati minta kasus-kasus di DPU tidak memengaruhi kinerja DPU. Pihaknya meminta semua OPD fokus pada pekerjaan dan berpegangan pada aturan. ’’Jangan main-main dengan proyek. Kerjakan sesuai dengan aturan,’’ tegas Umi.

Plt Kabag Layanan Pengadaan Setda Tegal, Dedy Junaedi menjelaskan, proyek fisik yang telah dilelangkan baru kegiatan pembangunan ruang IGD Ponek di RSUD Suradadi senilai Rp 1,4 miliar. Sedangkan untuk proyek lain belum satu pun tayang. ‘’Termasuk, DPU belum ada yang ditayangkan,’’ ujarnya.

Ditambahkan, proyek lainnya yang sudah dilelang, yakni konsultan pembangunan Pasar Margasari. Saat ini, konsultan sudah melakukan peninjauan DED pasar dua pekan lalu. Diharapkan, dua pekan kedepan sudah selesai dan dilanjutkan dengan lelang pembangunan Pasar Margasari senilai Rp 23 miliar.

‘’Kami berharap bisa segera dilelangkan, sehingga tidak gagal dikerjakan seperti tahun sebelumnya,’’ katanya.


(Dwi Putra GD/CN40/SM Network)