• KANAL BERITA

Pekerja Mengeluh, LKS Tripartit Datangi Perusahaan

Tim LKS Tripartit saat melakukan kunjungan deteksi dini ke salah satu perusahaan yang ada di Kota Tegal, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)
Tim LKS Tripartit saat melakukan kunjungan deteksi dini ke salah satu perusahaan yang ada di Kota Tegal, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)

TEGAL, suaramerdeka.com - Lembaga Kerja sama (LKS) Tripartit yang dibentuk Dinas  Tenaga Keja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal menyambangi sedikitnya delapan perusahaan untuk melakukan deteksi dini, sepanjang pekan lalu.

Kepala Disnakerin Heru Setyawan didampingi Kepala Bidang Hubungan Industrial Tenaga Kerja Jaka Eka Syaifi, mengatakan deteksi itu juga menindaklanjuti keluh kesah dari karyawan sejumlah perusahaan di Kota Bahari.

Tujuan deteksi dini hubungan industrial sebagai sarana responsif unsur Tripartit atas kebijakan pemerintah bidang ketenagakerjaan yang harus dikawal.

‘’Setidaknya sudah ada delapan perusahaan kita datangi,’’ jelasnya beberapa waktu lalu.

Tim memantau penerapan norma ketenagakerjaan meliputi  hubungan kerja, pengupahan, fasilitas perusahaan, kepesertaan BPJS, dan perangkat hubungan industrial.

‘’Tidak harus negatif. Kalau yang sudah bagus kita apresiasi,’’ ujar Jaka.

Selain itu, lamgkah itu juga sebagai tindakan antisipatif dan untuk meminimalisasi kemungkinan timbulnya permasalahan ketenagakerjaan yang mengganggu hubungan kerja di perusahaan.

Sasaran perusahaan yang didatangi di antaranya lantaran ada laporan keluh kesah dari karyawannya. Sepanjang tahun 2019 ini setidaknya, tim yang terdiri dari unsur Disnakerin, serikat pekerja, dan perusahaan ini akan mengunjungi 30 perusahaan

Tugas tim juga untuk menyerap informasi, mengumpulkan data dan fakta dilapangan sebagai  bahan perumusan rencana tindak lanjut. Termasuk memberikan pembinaan atas isu-isu hubungan industrial di perusahaan.

Tim juga menyampaikan peraturan ketenagakerjaan. Semisal  tentang UMK, pembayaran tunjangan hari raya keagamaan.

‘’Kalau biasanya mendekati Lebaran, misalnya, ini dilakukan jauh-jauh hari sebelum Lebaran,’’ katanya.


(Tresno Setiadi/CN42/SM Network)