• KANAL BERITA

KPU Temanggung Belum Dapat Surat Suara DPD

Foto: istimewa
Foto: istimewa

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung mengaku belum menerima surat suara pemilihan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). Padahal, kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 tinggal 33 hari lagi menuju pencoblosan tanggal 17 April 2019 mendatang. Pihak KPU mengaku belum tau penyebab keterlambatan datangnya surat suara ke Temanggung tersebut.

Ketua KPU Temanggung, M Yusuf Hasyim mengungkapkan, memang pelaksanaan pencoblosan tinggal 33 hari lagi, namun KPU Temanggung masih belum dapat surat suara pemilihan DPD. "Kami tidak tau masalahnya, keinginan kami tentu datang segera agar prosesnya cepat selesai. Kami telah melaporkan kekurangan tersebut kepada KPU RI, namun demikian masih belum mendapatkan solusi yang terbaik dalam permasalahan ini," ungkapnya.

Menurutnya, solusi yang disampaikan KPU RI justru memberikan alamat dan nomer telpon pihak Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI). Namun saat dihubungi nomernya justru tidak aktif. "Karena kondisi cukup riskan, lantaran surat suara DPD RI yang belum datang. Kami berencana mengkonfirmsi langsung ke kantor percetakan milik negara yang berada di Jakarta tersebut. Karena mau bagaimana lagi, kalau ditelepon tidak bisa, ya ketua harus ke sana," bebernya.

Lebih lanjut Yusuf mengungkapkan, tertundanya surat suara DPD RI bukan hanya dialami KPU Temanggung, namun beberapa daerah di Jawa Tengah juga mengalami hal yang sama. "Masalahnya memang berbeda-beda, di Jawa Tengah sendiri ada yang kekurangan surat suara DPD, ada yang kekurangan surat suara DPR dan lain sebagainya. Saya akan menyampaikan masalah ini saat rapat koordinasi yang akan digelar tanggal 21 Maret nanti," beber dia.

Di rapat tersebut pihaknya terpaksa harus menyampaikan, karena yang penting surat suara itu segera datang sehingga pemilu dapat berjalan dengan lancar. Sementara itu, saat ini pihaknya mengaku sedang melakukan penyetingan surat suara per Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilaksanakan di GOR Tenis Temanggung. "Ketika surat suara DPD RI datang sebetulnya tidak terlalu lama untuk melakukan penyortiran, pelipatan dan pengeplotkan per TPS, hanya butuh waktu kurang lebih seminggu," terang dia.


(M Abdul Rohman/CN26/SM Network)