• KANAL BERITA

Sejumlah Pasang Pengantin Nikah Bareng di Tempuran Sungai 

Sepasang calon pengantin saat mengikuti gladi resik di Taman Tempuran Cikal, Srimulyo, Piyungan, Bantul. (Foto : suaramerdeka.com/Sugiarto)
Sepasang calon pengantin saat mengikuti gladi resik di Taman Tempuran Cikal, Srimulyo, Piyungan, Bantul. (Foto : suaramerdeka.com/Sugiarto)

BANTUL, suaramerdeka.com - Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais), Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul bersama Pokdarwis Tirto Girimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Rabu (20/3) menggelar 'Nikah Bareng Pemilu Damai 2019 Anti Hoaks' di Taman Tempuran Cikal, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul.

Sejumlah pasangan pengantin yang berasal dari berbagai daerah tersebut, siap melaksanakan 'Nikah Bareng' dengan tema 'Unity in Diversity' (persatuan dalam perbedaan). Nikah bareng ini, menurut rencana akan dibuka langsung oleh Bupati Bantul, Drs Suharsono. 

Nikah Bareng ini, menurut sekaligus RM Ryan Budi Nuryanto SE, Ketua Pelaksana Golek Garwo & Nikah Bareng Nasional, sekaligus peresmian Taman Tempuran Cikal yang ada di kawasan Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. ''Jadi nikah bareng ini, sekaligus peresmian Taman Tempuran Cikal,'' kata Ryan Nudi Nuryanto, kemarin.

Menurut Ryan, pernikahan adalah janji suci dan sakral kepada Allah SWT dan sah yang dicatatkan di KUA/Kantor Catatan Sipil sekaligus sebagai penciptaan generasi baru yang cinta Kebhinekaan Indonesia. Apalagi menjelang Pemilu, tentunya banyak berita bohong yang berkeliaran.

Beda politik boleh, tapi ingat persatuan dan kesatuan tetap harus dijaga dan diutamakan, agar semua anak bangsa dan rakyat Indonesia bisa hidup damai, tentram dan nyaman. ''Untuk itu, kita harus pandai memfilter berita yang masuk,'' katanya.

Sehingga golek garwo dan nikah bareng kali ini, diharapkan mampu membawa energi positif untuk mengajak masyarakat bersatu dalam perbedaan dan gerakan anti Hoax melalui ikatan pernikahan.

Berkaitan dengan itu, panitia golek garwo mengajak para pasangan yang ingin segera menikah bisa bergabung mengikuti acara ini dengan gratis cukup membawa foto copy KTP, foto 3x4 dan mengisi Formulir Pendaftaran.

Peserta full fasilitas mulai dari biaya nikah, mahar Pancasila & Buah Durian, cincin kawin, ijab uniq, pesta kerakyatan, bingkisan manten, busana/tata rias manten, dokumentasi dan bulan madu di Tirto Raharjo Kasongan, Kabupaten Bantul. 

Bagi yang berminat bisa hubungi hotline Ryan di nomor 081 579 08 232. Pernikahan digelar di Wahana Wisata Tempuran 2 Sungai ini merupakan kali pertama di Indonesia dan Dunia, karena dilakukan di atas pohon bambu, flying fox, speed bot, kano di pertemuan (tempuran) 2 aliran sungai Gawe dan sungai Opak. 

Kegiatan ini wujud Kebhinekaan Tunggal Ika dan pelestarian tradisi budaya, yang hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia. Sekaligus meringankan bagi mereka yang tidak mampu untuk menikah serta sebagai motor penggerak dalam mensukseskan Pemilu dan gerakan Anti Hoax dari keluarga. 


(Sugiarto/CN19/SM Network)