• KANAL BERITA

KPU Karanganyar Rekrut 22.043 Personel KPPS 

Ilustrasi Istimewa
Ilustrasi Istimewa

KARANGANYAR, suaramerdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar merekrut anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pemilu presiden dan legislatif, yang akan bertugas di 3.149 tempat pemungutan suara (TPS). 

Total, ada 22.043 personel KPPS yang direkrut. Mereka akan bekerja antara 10 April hingga 9 Mei.
 
Komisioner KPU Karanganyar Divisi Hukum dan Pengawasan Devid Wahyuningtyas menjelaskan, pendaftaran rekrutmen KPPS antara 6-12 Maret. 

"Pada awalnya, antusias masyarakat terasa kurang. Namun setelah diupayakan oleh PPK dan PPS melalui ketua RT dan RW, akhirnya bisa direkrut sesuai jumlah yang dibutuhkan," katanya.  

Meski pekerjaannya dilandasi pengabdian ke masyarakat, namun personel KPPS tetap mendapatkan honor. Yakni Rp 550 ribu untuk ketua dan Rp 500 ribu untuk anggota. 

Mereka juga mendapatkan uang makan pada hari H pemungutan suara, sebesar Rp 38 ribu per orang. "Sebab pada 17 April, mereka harus meluangkan waktu dan tenaga ekstra," katanya. 

Devid mengakui, KPU sempat khawatir pendaftar KPPS minim. Sebab syarat yang harus dipenuhi tidak sederhana. Yakni menunjukkan bukti lulus minimal SMA, usia minimal 17 tahun, sehat jasmani dan rohani. KPU juga tidak menerima calon anggota KPPS yang sudah dua periode pemilu menjabat sebagai anggota KPPS. 

Devid mengatakan, setelah ini, Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa akan meneliuti berkas kelengkapan persyaratan calon pada 13-19 Maret mendatang. Pengumuman hasil penelitian administrasi akan disampaikan pada 20-22 Maret. 

Selanjutnya pada 21-26 Maret tahapannya adalah menerima masukan dan tanggapan masyarakat terkait calon anggota KPPS. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan 24-26 Maret dan tahapan pelantikan akan dilaksanakan 27 Maret hingga 10 April.


(Irfan Salafudin/CN19/SM Network)