• KANAL BERITA

Dua Masjid di Christchurch Ditembaki Saat Shalat Jumat

Puluhan Jemaah Tewas dan Terluka

Petugas Ambulans membawa korban penembakan di Christchurch, Selandia Baru. (Foto: REUTERS)
Petugas Ambulans membawa korban penembakan di Christchurch, Selandia Baru. (Foto: REUTERS)

SELANDIA BARU, suaramerdeka.com - Penembakan di kota Christchurch, Selandia Baru, terjadi di dua masjid. Selain Masjid Al Noor di Deans Ave, penembakan juga dilaporkan terjadi di Masjid Linwood, Linwood Ave.

Pelaku dilaporkan menembaki jemaah yang tengah ibadah shalat Jumat di Masjid Al Noor. Sementara di Linwood, diungkpkan seorang jemaah Sabir Hussein kepada Stuff, melihat satu mayat di luar masjid.  

Sebelumnya Hussein mengatakan, imam masjid dalam solat Jumat mengatakan ada penembakan di Masjid Al Noor. Dia lantas menduga pelaku mengincar masjid lainnya.

Hussein langsung keluar dari jendela dan bersembunyi hingga polisi datang.

Saksi mata lainnya mengatakan pelaku mengenakan rompi anti peluru, melepaskan tembakan ketika jemaah sedang salat Jumat. Polisi mengimbau warga untuk tidak keluar rumah.

Media Selandia Baru, New Zealand Herald, mengatakan jemaah yang meninggal dunia antara sembilan hingga 27 orang. Rumah sakit saat ini telah menangani puluhan korban luka.

Tidak ada informasi warga Indonesia yang jadi korban. Namun informasi beredar di kalangan WNI di Selandia Baru bahwa peristiwa terjadi di empat tempat. 

"Dua masjid, masing-masing berkapasitas 1.000 jamaah, RS di sekitar sana, dan sekolah di dekat masjid," kata seorang WNI kepada kumparan.


(KMP/CN19/SM Network)