• KANAL BERITA

Hindari Hoaks, Ali Umri Serukan Penggunaan Internet untuk Kegiatan Berusaha

Foto Istimewa
Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemanfaatan teknologi informasi di kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih terkendala oleh pengetahuan akan teknologi internet dan sejauh mana pemanfaatan teknologi internet untuk menunjang usaha yang sedang ditekuninya.

Berdasarkan hal tersebut, telah menginspirasi Ali Umri, Anggota Komisi I DPR RI menggelar Seminar Merajut Nusantara dengan tema “Memanfatkan Internet dengan Cerdas, Kreatif dan Produktif untuk Pengembangan Bisnis UMKM”. Kegiatan dilakukan di Graha Kardopa Hotel & Convention Hall, Kota Binjai, 14 Februari 2019.

Politisi Partai Nasdem ini mengapresiasi massifnya pembangunan yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo diserahkan kepada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) sebagai Badan Layanan Umum dibawah Kementerian Kominfo telah melaksanakan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informatika, sehingga masyarakat luas dapat menikmati akses internet.

“Sebagai bentuk militansi kedaerahan, saya berterimakasih kepada Kementerian Kominfo dan BAKTI yang telah bersedia menyelenggarakan acara ini ke Binjai,” kata Ali Umri melalui siaran pers, Jumat (15/3).

Umri menyebutkan, karena biasanya acara seperti ini diselenggarakan di kota-kota besar saja, kota provinsi. Melalui penyediaan jaringan internet, diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya bagi masyarakat dalam memudahan komunikasi dan bisnis.

“Ketersediaan jaringan internet yang sudah dilakukan pemerintah ini harus diapresiasi. Jauhi hoax dalam penggunaan internet. Gunakan internet untuk kegiatan produktif bagi peningkatan kesejahteraan melalui kemudahan dalam bertransaksi di internet,” ujarnya.

Ali Umri menyatakan bahwa pembangunan fiber optik dan kabel bawah laut proyek Palapa Ring sudah selesai di tahun 2019 dan mulai operasional sehingga semua wilayah Indonesia terkoneksi dengan jaringan internet. Sehingga jaringan internet dapat menjangkau ke seluruh pelosok desa.

“Pembangunan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi ini nyata wujudnya demi kemajuan masyarakat Indonesia dan kemerdekaan akses internet tanpa batas,” tegasnya.

Umri mengakui keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama pemerintah dengan pihak penyedia telekomunikasi. Pencapaian target pembangunan ini perlu untuk dipublikasikan sebagai media informasi kepada masyarakat atas kinerja pemerintah. Kominfo, BAKTI dan DPR secara kelembagaan dituntut untuk aktif menyiarkan kebaikan-kebaikan kinerja pemerintah.

“Publikasi dan sosialisasi seperti seminar merajut nusantara ini adalah wahana yang tepat untuk berinterkasi langsung dengan masyarakat khususnya dalam menggunakan internet dengan bijak,” kata Ali Umri dari Dapil Sumut III.

Dengan tersedianya platform e-commerce dari unicorn seperti bukalapak, tokopedia, gojek, traveloka, Ali Umri mendorong kegiatan masyarakat lebih produktif untuk memperoleh limpahan rizki bagi pelaku UMKM.

“Saya berharap melalui penggunaan internet yang kreatif dan produktif masyarakat dapat mendapatkan manfaat rizki dari kegiatan usahanya,” ujar Ali Umri yang dikenal merakyat di Kota Binjai.

Umri menyinggung beragam jasa yang ditawarkan melalui internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat Binjai. Dia mencontohkan untuk memesan onderdil mobil bisa langsung ke negara produsennya.

“Gaya hidup bertransaksi ini memberikan peluang bagi pelaku UMKM untuk menawarkan produk dan jasanya yang bisa diakses oleh masyarakat di luar Binjai bahkan ke luar negeri,” papar Umri.

Dengan menggunakan internet cerdas dan kreatif, maka penggunaan internet untuk kegiatan yang negatif bisa dieliminir menjadi kegiatan yang kreatif dan produktif untuk kegiatan berusaha.

“Efek penggunaan internet secara negatif misalnya dalam mengedarkan kabar bohong / hoax, dapat dihilangkan menjadi kegiatan yang produktif dan menguntungkan,” pungkasnya.
 


(Arif M Iqbal /CN19/SM Network)