• KANAL BERITA

Tahun Ini, Pemerintah Buka Formasi 72.000 Guru Honorer Jadi CPPPK

Foto: istimewa
Foto: istimewa

KAMPAR, suaramerdeka.com - Pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para guru. Komitmen pemerintah, diantaranya, ditunjukkan melalui rekrutmen guru melalui jalur Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK).

Khusus untuk guru honorer kategori 2 (K2), tahun ini pemerintah membuka formasi sebanyak 72 ribu guru honorer tersebut untuk menjadi CPPPK. Tesnya pun dibuat terpisah dengan jalur umum.

"Pemerintah akan terus memperhatikan. Kita usahakan secara bertahap (persoalan) guru honorer akan bisa kita selesaikan. Dan saya mohon pemerintah daerah di Provinsi Riau, termasuk Bupati Kampar, untuk tidak mengangkat lagi guru-guru honorer. Karena kalau terus-terusan diangkat, tidak akan pernah selesai," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy.

Kabupaten Kampar memiliki 1.404 lembaga dan satuan pendidikan yang terdiri dari 424 lembaga PAUD nonformal, 350 Taman Kanak-kanak, 492 sekolah dasar (SD), dan 131 sekolah menengah pertama (SMP), serta satuan pendidikan di bawah pembinaan Kementerian Agama dengan total peserta didik sebanyak 131.939 siswa.

Pemerintah Kabupaten Kampar siap bersinergi dalam peningkatan mutu pendidikan, selaras dengan upaya pemerintah Pusat melalui program Kemdikbud. "Momentum ini memberikan makna dan motivasi tersendiri bagi Pemkab Kampar untuk lebih optimal memajukan pendidkan yang dijiwai semangat kebersamaan," kata Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto.


(Prajtna Lydiasari/CN26/SM Network)