• KANAL BERITA

Anak Muda Manfaatkan Teknologi Sebagai Rintisan Usaha yang Mengglobal

Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Globalisasi yang ditandai dengan hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN, menuntut kesiapan negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam organisasi regional untuk menghadapinya. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata Dr Octavianus Digdo Hartomo menyatakan, melihat globalisasi ini sebagai peluang yang harus dimanfaatkan.

"Untuk melihat kesiapan negara ASEAN dalam menghadapi globalisasi, bagaimana akademisi dengan risetnya, pebisnis dengan strateginya. Bagaimana memanfaatkan digitalisasi untuk enterpreneurship, universitas menjembatani tersebut," kata pria yang akrab disapa Oki itu di sela-sela International Conference On Business and Economics (ICBE), pada Rabu (13/3) di Hotel Noormans Semarang.

Menariknya sambung Rektor Unika Soegijapranata Prof Ridwan Sanjaya, sebelum adanya kesepakatan mengenai Masyarakat Ekonomi ASEAN, beberapa perusahaan yang dijalankan oleh anak muda telah mampu melakukan usaha melewati sekat batas negara dan geografis. Perusahaan-perusahaan itu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi sebagai platform usahanya sekaligus mengembangkannya di berbagai negara di kawasan regional Asia Tenggara.

"Apa yang dilakukan Grab kemudian disusul Gojek, merupakan contoh yang telah dilakukan anak-anak muda, sejalan dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN" tambahnya.

ISBE ini merupakan conference tahunan yang diselenggarakan oleh School of Business and Economic Universitas San Carlos Filipina. Unika Soegijapranata mempunyai kerjasama dengan Universitas tersebut dan bagian dari kerjasama tersebut, kali ini penyelenggaraan ISBE di luar Filipina.
(Puthut Ami Luhur)

Caption: Rektor Unika Soegijapranata bersama stakeholder terkait, di antaranya Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata Dr Octavianus Digdo Hartomo, Dean School of Business and Economic San Carlos University Melanire B de Ocampo Phd, Kepala Biro Perekonomian Setda Jawa Tengah Indra Surya dan Direktur utama Bank Jateng Supriyatno dalam International Conference On Business and Economics (ICBE), di Hotel Noormans Semarang, pada Rabu (13/3). 


(Puthut Ami Luhur/CN19/SM Network)