• KANAL BERITA

Dishub Pasang 13 CCTV Tambahan

Salah satu CCTV terpasang di persimpangan untuk memaksimalkan pantauan arus lalu lintas di Jalan Adi Sucipto, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Yusuf Gunawan)
Salah satu CCTV terpasang di persimpangan untuk memaksimalkan pantauan arus lalu lintas di Jalan Adi Sucipto, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Yusuf Gunawan)

SOLO, suaramerdeka.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta menyiapkan pemasangan 13 CCTV tambahan di sejumlah persimpangan di Kota Bengawan. Di beberapa kawasan CCTV yang terpasang belum mampu mencakup keseluruhan sudut persimpangan, sehngga perlu CCTV tambahan.

Awasi kegiatan di sekitar dengan memasang CCTV. Klik di sini untuk mencari CCTV terbaik.

Persimpangan di sejumlah titik jalanan protokol belum seluruhnya terpantau CCTV. Sebagian ruas jalan terpantau, namun sebagian lagi tidak. ‘’Ini lantaran sudut kamera kurang lebar, sehingga tambahan tersebut perlu dilakukan agar bisa memantau seluruh sudut jalan,’’ kata Kasi Pengendalian dan Pengembangan, Dishub Surakarta, Surya Dewantara, Minggu (3/3).

Menurutnya, CCTV panoramic, atau CCTV dengan sudut 360 derajat bisa memaksimalkan pantauan Dishub. Namun lantaran harga mahal, Dishub belum berencana menganggarkan alat tersebut dan nantinya memanfaatkan CCTV PTZ untuk dipasang di persimpangan.

‘’Sementara kami maksimalkan CCTV jenis PTZ terlebih dahulu,’’ kata dia.

Pemasangan tak hanya di jalanan kota, namun persimpangan di beberapa kawasan padat kendaraan, seperti Jalan Ki Hajar Dewantara, Jebres.

Dishub sudah mensurvei tiga-empat persimpangan di Jalan Slamet Riyadi. Selain itu, kawasan padat kendaraan di simpang Ngoresan, dan Jalan Ki Hajar Dewantara.’’Paling lambat Juni sudah terpasang,’’ kata dia.

CCTV juga bisa mendukung keamanan dan ketertiban kota. Sehingga saat terjadi sesuatu, Dishub ikut memantau dan memiliki gambar kejadian di ruas jalan kota itu.

Kepala Dishub Surakarta, Hari Prihatno mengungkapkan, CCTV tambahan tersebut dimaksimalkan untuk keamanan kota. Selain itu beberapa simpang juga menjadi sasaran Dishub untuk melengkapi dengan kamera pengawas tersebut.


(M Ilham Baktora/CN40/SM Network)