• KANAL BERITA

Di Karangpucung, Lahan Satu Hektare Hasilkan 6,5 Ton Jagung

PANEN JAGUNG: Camat Karangpucung, Martono (tengah) bersama dengan pihak terkait, memanen jagung di Dusun/Desa Bengbulang, Jumat (22/2). (suaramerdeka.com/Teguh Hidayat Akbar
PANEN JAGUNG: Camat Karangpucung, Martono (tengah) bersama dengan pihak terkait, memanen jagung di Dusun/Desa Bengbulang, Jumat (22/2). (suaramerdeka.com/Teguh Hidayat Akbar

CILACAP, suaramerdeka.com - Lahan satu hektare di Kecamatan Karangpucung, Cilacap, pada musim ini mampu menghasilkan produksi 6,5 ton jagung. Hal itu berdasarkan hasil panen raya di Dusun/Desa Bengbulang, Jumat (22/2).

Kegiatan panen digelar terpadu oleh petani bersama dengan penyuluh pertanian, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Karangpucung dan pihak desa. "Hasil panen jagung di sini cukup bagus. Untuk lahan satu hektare, kami hitung menghasilkan 6,5 ton jagung," kata Camat Karangpucung, Martono.

Jumlah produksi itu meningkat, ketika dibandingkan dengan jumlah tahun lalu. Saat itu, hasil produksi jagung di wilayah itu berkisar 6 ton per hektare. "Jadi untuk hasil produksi jagung tahun ini meningkat, ketika dibandingkan dengan tahun lalu," kata dia.

Merujuk data Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Karangpucung, luas tani jagung di wilayah itu 381 hektare. Tani jagung tersebar pada 14 desa. Menurut Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Karangpucung, Wasiran, peningkatan produksi karena ditunjang pola tanam, berikut perawatan yang maksimal. Di samping itu, kondisi lahan dan perkembangan cuaca, selama masa tanam juga cukup mendukung.

"Faktor-faktor itulah, yang kemudian menunjang hasil produksi jagung. Sekalipun sempat muncul serangan hama, tapi petani aktif melakukan perawatan dan pengendalian, sehingga hasil produksinya tetap bagus," kata dia.


(Teguh Hidayat Akbar/CN26/SM Network)