• KANAL BERITA

Pasar Blimbing Rampung, Pedagang Syukuran

PASAR RAKYAT BLIMBING:  Pasar Rakyat Blimbing di Desa Blimbing, Kecamatan sambirejo rampung dan siap digunakan pedagang. (Foto: suaramerdeka.com/Anindito AN)
PASAR RAKYAT BLIMBING: Pasar Rakyat Blimbing di Desa Blimbing, Kecamatan sambirejo rampung dan siap digunakan pedagang. (Foto: suaramerdeka.com/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka.com -  Ratusan pedagang Pasar Rakyat Blimbing bersama Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menggelar syukuran, setelah revitalisasi pasar itu rampung.  Proyek pasar dibangun PT Rejo Makmur dengan dana Tugas Pembantuan (TP) APBN Rp 5,8 miliar.

‘’Ini syukuran saja, karena untuk peresmian pasar dari dana Tugas Pembantuan se-Indonesia dilakukan oleh Presiden Joko Widodo,’’  tutur Kepala Disperindag Untung Sugihartono didampingi Kabid Pengelolaan Pasar Tommy Isharyanto, Jumat (22/2).

Ratusan pedagang terlihat bergembira. Bupati Sragen minta agar para pedagang selain memanfaatkan kios pasar juga harus merawat dan menjaga kebersihan pasar rakyat itu.

Kabid Pengelolaan Pasar Disperindag Tommy Isharyanto mengatakan selain merevitalisasi Pasar Rakyat Blimbing, revitalisasi juga dilakukan di Pasar Rejowinangun Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD 2018 Rp 1,49 miliar, Pasar Sambi DAK APBD 2018 Rp 1,27 miliar, Pasar Ngarum DAK APBD 2018 Rp 1,15 miliar dan Pasar Pucuk DAK APBD 2018 Rp 976 juta.

Kelima pasar itu sudah rampung direvitalisasi. Empat dari lima pasar yang sudah direvitalisasi itu sudah bisa dimanfaatkan. Keempat pasar yang sudah dimanfaatkan Pasar Rejowinangun, Pasar Sambi, Pasar Ngarum dan Pasar Pucuk.

Khusus Pasar Rakyat Blimbing sebagaimana dengan pasar lain s-Indonesia yang menggunakan anggaran dan Tugas Pembantuan (TP), untuk fisik bangunan, bentuk kios dan  los, ukuran kios dan los serta sarana pendukungnya sesuai prototipe  Kementerian Perdagangan.

‘’Sebelum Pasar Rakyat Blimbing itu dihibahkan ke pedagang akan diaudit BPK maupun Kemendag,’’ tutur Tommy Isharyanto. Jika bentuk pasar dan ukuran kios dan los tidak sesuai, maka dianggap menyalahi ketentuan.


(Anindito AN/CN41/SM Network)