• KANAL BERITA

Nilai Gading Ditaksir hingga Seratusan Juta

Foto: suaramerdeka.com/Beni Dewa
Foto: suaramerdeka.com/Beni Dewa

PATI, suaramerdeka.com - Dari hasil pengembangan kasus belasan gading yang dimiliki Nur Hadi, petugas menaksir nilai benda-benda itu yang dimiliki tersangka bisa sampai seratusan juta rupiah.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly melalui Kasatreskrim AKP Yusi Andi Sukmana menyebut sepasang gading berukuran panjang 50 sentimeter dan diameter empat sentimeter diperkirakan seharga Rp 60 juta.

‘’Sedangkan untuk yang tanggung itu atau berukuran satu lagi dengan panjang 28 sentimeter dengan diameter 4,5 sentimeter itu sempat ditawarkan dengan harga Rp 15 juta,’’ terangnya.

Sementara untuk 14 pipa rokok dijual dengan harga bervariasi mulai Rp 1 hingga Rp 5 juta, tergantung panjangnya. Pipa rokok gading milik tersangka ada yang sepanjang 14,5 sentimeter, 12,5 sentimeter, dan 11 sentimeter, delapan sentimeter, dan lima sentimeter.

‘’Kalau dari pengakuannya pelaku belum sempat menjualnya karena sudah keburu tertangkap oleh kami,’’ terangnya.

Terkait berapa lama tersangka telah berjualan gading tersebut, dia mengatakan baru kali ini dilakukan. Meski begitu petugas tetap melakukan penyelidikan dan pengembangan terutama untuk mengungkap adanya kemungkinan kasus lain.

‘’Sementara untuk dua orang temannya berstatus saksi karena hanya bertugas sebagai kurir. Yang kami fokuskan justru untuk mengungkap dari mana pelaku mendapatkan gading-gading tersebut,’’ tambahnya.

Dia mengatakan saat ini pelaku diduga melanggar pasal 40 ayat 2 junto pasal 21 ayat dua huruf d Undang-Undang  Republik Indonesia nomor 5 tahun 1990.

‘’Pelaku dijerat dengan UU tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem. Bila terbukti melanggar pasal tersebut, pelaku bisa dijerat dengan ancaman lima tahun penjara,’’ katanya.


(Beni Dewa/CN41/SM Network)