• KANAL BERITA

Bea Cukai Solo Sita 160 Botol Cairan Rokok Elektrik

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SOLO, suaramerdeka.com - Tidak hanya peredaran rokok berbahan tembakau, peredaran rokok elektrik pun kini mulai diawasi lembaga yang berwenang. Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Surakarta mulai melakukan pengawasan pada cairan rokok elektrik yang ada di pasaran.

Bahkan, kata Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean  B Surakarta, Kunto Prasti Trenggono, ke depan akan diberlakukan aturan hukum ditemukan cairan rokok elektrik yang tidak dilengkapi cukai. Menurut dia, aturan itu sudah diberlakukan sejak bulan Oktober tahun lalu.

Namun pengawasan secara intensif baru dilakukan mulai awal tahun ini. Dari pengawasan itu, kantor Bea Cukai sudah menyita sebanyak 160 botol cairan rokok elektrik yang tidak bercukai.

Terkait dengan pendapatan, lanjut dia, di awal tahun ini pendapatan dari cukai sudah mencapai Rp 500 juta untuk vape. Pendapatan itu diperoleh dari tiga produsen cairan rokok elektrik yang berproduksi di Soloraya. Meski tidak sebesar cukai tembakau yang nilainya lebih dari Rp 1 triliun dalam setahun, kata dia, namun pendapatan vape itu cukup besar.

Kendati sudah melakukan penyitaan penyitaan hingga 160 botol cairan vape ini, namun hingga kini KPPBC Tipe Madya Pabean B Surakarta belum melakukan proses penegakan hukum. Aturan yang diberlakukan baru sebatas penyitaan cairan yang tidak bercukai. "Untuk vape, saat ini kami masih sebatas sosialisasi," kata dia.


(Langgeng Widodo/CN26/SM Network)