• KANAL BERITA

Akhir Februari, Muara Kali Banger Selesai Diuruk

BERMAIN: Anak-anak bermain air di depan Kali Banger yang akan di pasang paving untuk ditempati Warga Tambakrejo terdampak normalisasi Banjirkanal Timur, di Kampung Tambakrejo, Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Kamis, (21/2). (Foto: suaramerdeka.com/Pamungkas Suci Ashadi)
BERMAIN: Anak-anak bermain air di depan Kali Banger yang akan di pasang paving untuk ditempati Warga Tambakrejo terdampak normalisasi Banjirkanal Timur, di Kampung Tambakrejo, Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Kamis, (21/2). (Foto: suaramerdeka.com/Pamungkas Suci Ashadi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kali Banger yang berada di sekitar Kampung Tambakrejo, Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara akhir Februari selesai diuruk. Tempat tersebut, akan dipasang paving dan ditempati Warga Tambakrejo yang terdampak normalisasi banjirkanal Timur. Mereka menolak pindah ke Rusunawa Kudu, (Kamis (21/2).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Normalisasi Banjirkanal Timur, Dani Prasetyo menjelaskan, berdasarkan hasil rapat dengan pemkot, Komnas HAM dan BBWS mencapai kesepakatan, bahwa warga Tambakrejo yang rumahnya berada pada sisi kiri muara tanggul sementara akan direlokasi di bekas Kali Banger atau sekarang lebih akrab disebut dengan Kali Mati. Warga yang akan di relokasi masih sebanyak 97 Kartu Keluarga.

Saat ini, pengurukan dan perapian mencapai sekitar 200 meter. Pengurukan itu mulai dari ujung Kali Banger atau bawah jembatan sampai dengan muara. Nantinya warga sudah mulai bisa  menata dan dibantu juga oleh pemkot dan wilayah setempat.

"Untuk konsep rumah yang dibuat cukup sederhana dan warga dengan swadaya akan menata sendiri. Kami hanya menyediakan kapling dan luas tanah. Masing-masing warga mendapat kapling berukuran 6x10 meter, disiapkan juga sanitasi sementara dan pembuatan drainase," ujarnya.

Menurutnya, setelah warga sudah direlokasi ke Kali Banger maka dapat mengerjakan pengerjaan selanjutnya, seperti pembuatan tanggul pada sisi kiri yang kini masih ditempati hunian warga. Selama ini pembuatan tanggul pada sisi kiri terhambat hunian warga. Seharusnya pada akhir Februari ini normalisasi Banjirkanal Timur di Tambakrejo sudah selesai.

Selama ini di Tambakrejo masih dalam pengerjaan tanggul pada sisi kanan dan dioptimalkan sampai ke muara agar cepat selesai. Sedangkan pengerjaan tanggul pada sisi kiri belum dapat dikerjakan. Jika hunian warga belum dapat dipindahkan maka pengerjaan tidak dapat berjalan maksimal.

Sementara itu, Ketua RT05 RW16, Kampung Tambakrejo, Rahmadi mengatakan, jika Kali Banger sudah dilakukan pengurukan dan dipasang paving, warga akan segera pindah. Pihaknya mendukung penuh terhadap pembangunan pemerintah. Sedangkan untuk pembangunan rumah nanti akan dilakukan hasil dari swadaya warga.

Dia berharap, setelah menempati paving di Kali Banger, ada pihak-pihak tertentu maupun pemerintah yang bersedia untuk membuat saluran drainase dan penataan limbah. "Serta fasilitas umum berupa Taman Pendidikan Al-Quran dan Mushala itu yang utama untuk kegiatan ibadah masyarakat dan anak-anak," ungkapnya.


(Pamungkas Ashadi/CN41/SM Network)