• KANAL BERITA

Biaya Haji Tak Mengalami Kenaikan

SAMPAIKAN SAMBUTAN : Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Bisri Romly menyampaikan sambutan dalam acara resesnya di Buaran, Kabupaten Pekalongan. (suaramerdeka.com/ Agus Setiawan)
SAMPAIKAN SAMBUTAN : Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Bisri Romly menyampaikan sambutan dalam acara resesnya di Buaran, Kabupaten Pekalongan. (suaramerdeka.com/ Agus Setiawan)

KAJEN, suaramerdeka.com - Biaya pelaksanaan ibadah haji 2019 tidak mengalami kenaikan atau sama dengan besaran biaya haji pada 2018. Demikian Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Bisri Romly, di sela-sela kegiatan resesnya di Buaran, Kabupaten Pekalongan, Rabu (20/2).

Menurutnya, hampir sudah dipastikan tahun ini biaya haji tidak mengalami kenaikan. Kemudian sehubungan dengan calon jamaah haji yang sudah membayar serta melunasi biaya haji, namun di tengah perjalanan sang calon jamaah haji meninggal dunia. Uang biaya yang sudah dibayar itu jangan terburu-buru diambil.

Sebab, lanjut dia, berdasarkan aturan yang sedang dalam proses pembahasan ini, sang ahli waris dari calon jamaah haji yang sudah meninggal dunia tersebut bisa menggantikannya. "Aturan itu sudah dalam tahap pembahasan," katanya.

Berkaitan dengan evaluasi pelaksanaan ibadah haji 2018, di Kabupaten Pekalongan terdapat seorang jamaah haji atas nama Sukiman warga Kecamatan Karanganyar yang awalnya sakit serta dirawat di rumah sakit di Arab Saudi. Tapi ketika memasuki waktu wukuf yang bersangkutan sehat, namun untuk wukuf dirinya terlanjur dibadalkan atau diwakilkan.

Kasus tersebut sudah dibahas oleh sejumlah kiai di Gedung PCNU Kabupaten Pekalongan serta yang bersangkutan akan diberangkatkan haji kembali. Sebab berdasarkan fiqih empat mazhab Sukiman belum menuntaskan rukun haji.

Terpisah, sebagai wujud untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk pencahayaan serta alat suara guna mengumandangkan azan sebagai tanda sudah masuk waktu shalat adalah sesuatu yang penting.

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi listrik padam agar kegiatan tersebut tetap berjalan, Selasa (19/2) malam Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Bisri Romly menyerahkan bantuan mesin Genset kepada pengurus Masjid Jami' Baitul Makmur di Desa Jajar Wayang, Kecamatan Bojong dalam kegiatan resesnya di daerah pemilihannya yakni Kabupaten Pekalongan.

Sebagaimana diketahui, Bisri Romly yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Pekalongan terpilih sebagai Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Tengah X yang meliputi Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Batang dan Kota Pekalongan.

"Alhamdulillah dalam momentum reses ini, saya diberi kesempatan membantu dan menyerahkan bantuan mesin genset kepada pengurus Masjid Jami' Baitul Makmur di Desa Jajar Wayang," katanya.

Menurut dia, sebagai Anggota DPR RI memiliki kewajiban menerima, menampung dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihan. Untuk reses kali ini, pihaknya bertemu dengan jamaah Masjid Jami' Baitul Makmur di Desa Jajar Wayang serta menyerahkan bantuan mesin genset. Diharapkan bantuan ini bisa membawa manfaat.


(Agus Setiawan/CN33/SM Network)