• KANAL BERITA

Tahun Depan, Mobil Pribadi Wajib Uji Emisi

ANTREAN KENDARAAN : Antrean kendaraan yang akan mengajukan permohonan uji kir di Kantor Dinas Perhubungan Pemkab Klaten. (suaramerdeka.com/ Achmad Hussain)
ANTREAN KENDARAAN : Antrean kendaraan yang akan mengajukan permohonan uji kir di Kantor Dinas Perhubungan Pemkab Klaten. (suaramerdeka.com/ Achmad Hussain)

KLATEN, suaramerdeka.com – Pemkab Klaten berencana mewajibkan kendaraan pribadi melakukan uji emisi untuk mengurangi tingkat polusi udara di wilayah perkotaan. Rencana itu bakal diterapkan tahun depan sembari menyiapkan perda sebagai payung hukum.

Saat ini pemberlakuan uji emisi gas buang kendaraan pribadi itu baru sebatas wacana, lantaran belum ada dasar hukum. ''Rencananya akan kami usulkan kemungkinan tahun depan,'' kata Sekretaris Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Sudiyarsono, Rabu (20/2).

Kebijakan itu akan diterapkan setelah ada payung hukumnya berupa Peraturan Daerah (Perda). Draft Raperda sendiri sudah disusun tetapi belum diusulkan tahun ini. Nantinya, setiap mobil pribadi akan diwajibkan uji emisi setiap tahun, sama seperti angkutan umum.

Saat uji emisi ditemukan emisi kendaraan tidak sesuai ambang, Dinas merekomendasikan kendaraan diperbaiki sebelum dinyatakan lulus. Uji emisi semacam itu bukan baru kali pertama di Indonesia sebab di beberapa kota besar di kebijakan itu sudah diberlakukan.

Dapatkan perlengkapan otomotif terbaru dan original di sini

Uji emisi untuk melindungi udara bersih dan mencegah polusi udara lebih parah. Dalam pelaksanaan uji emisi, Dinas akan bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) sebab uji emisi itu akan dikenakan biaya.

Dengan biaya itu nantinya Pemkab juga akan mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari uji emisi yang diatur dengan Perda Retribusi Jasa Umum.

Selama ini, kata Sudiyarsono, pengadaan mobil baru di lembaga pemerintah sebenarnya sudah dilakukan uji emisi sebelum diserahterimakan. Namun uji emisi hanya bersifat membantu dan gratis. Misalnya untuk mobil dinas baru atau ambulans.


(Achmad Hussain/CN33/SM Network)