• KANAL BERITA

Pemkab Cilacap Menerima SAKIP Award 2018

PENGHARGAAN: Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji setelah menerima SAKIP Award 2018 dari Menpan RB melakukan foto bersama dengan pejabat yang mendampingi.(suaramerdeka.com/Agus Sukaryanto) 
PENGHARGAAN: Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji setelah menerima SAKIP Award 2018 dari Menpan RB melakukan foto bersama dengan pejabat yang mendampingi.(suaramerdeka.com/Agus Sukaryanto) 

CILACAP, suaramerdeka.com - Pemkab Cilacap menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award Tahun 2018 dengan nilai BB dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan tersebut diserahkan Menpan RB, Syafruddin kepada Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji pada acara penyampaian Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan SAKIP Award di Makassar, Selasa (19/2).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Cilacap, Taryo mengatakan, penghargaan atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2018 tersebut merupakan kali kedua karena pada 2017 lalu Pemkab Cilacap juga menerima penghargaan yang sama dengan nilai B.

"Penghargaan tersebut menunjukkan bahwa akuntabilitas kinerja Pemkab Cilacap semakin baik. Penghargaan ini tentu akan semakin mendorong Pemkab Cilacap untuk terus berbuat yang terbaik dalam segala hal. Termasuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Menurut Taryo, ada beberapa indikator dalam penilaian SAKIP Award. Antara lain perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja.

Bupati Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, pihaknya bersyukur dan merasa gembira atas diperolehnya penghargaan tesebut. Ini semua berkat kerja seluruh aparatur Pemkab Cilacap.

"Semua penghargaan yang diterima Pemkab Cilacap selama ini, termasuk SAKIP Award 2018, diperoleh berkat kerja keras semua ASN. Hal ini harus semakin memacu ASN dalam bekerja guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Cilacap," katanya.

Turut mendampingi Bupati ke Makassar, Inspektur Kabupaten Cilacap Imam Yudianto, Kabag Organisasi Setda Cilacap Aris Munandar dan beberapa pejabat terkait.

Menurut Menpan RB, Syafruddin, penerapan SAKIP di 186 pemerintah daerah di wilayah III berhasil menghemat anggaran hingga Rp 6,9 triliun pada tahun 2018. Penghematan ini diperoleh melalui cross cutting program yang kurang sesuai untuk kemudian dialihkan melalui refocusing program sehingga anggaran tersebut menjadi tepat sasaran.

Dikatakan, penerapan SAKIP memastikan anggaran hanya digunakan untuk membiayai program atau kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. Penghematan anggaran terjadi dengan dihapusnya sejumlah kegiatan yang tidak penting dan yang tidak mendukung kinerja instansi.


(Agus Sukaryanto/CN39/SM Network)