• KANAL BERITA

Beragam Budaya Meriahkan Kirab Capgomeh di Kebumen

KIRAB BUDAYA: Warga turut mengarak rupang Makco Thian Sang Senmu atau Patung Dewi Samudera  dalam kirab budaya merayakan Capgomeh 2570 di Kebumen, Selasa (19/2). (suaramerdeka.com/Supriyanto)
KIRAB BUDAYA: Warga turut mengarak rupang Makco Thian Sang Senmu atau Patung Dewi Samudera  dalam kirab budaya merayakan Capgomeh 2570 di Kebumen, Selasa (19/2). (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Perayaan Capgomeh di Kebumen sudah tidak hanya diikuti oleh warga keturunan Tionghoa. Kirab budaya yang diselenggarakan setiap tahun, selalu diwarnai oleh beraneka ragam budaya nusantara.

Seperti dalam kirab budaya Capgomeh 2570 Imlek, Selasa (19/2) siang, berlangsung sangat meriah lantaran dimeriahkan berbebagai kesenian tradisional. Kesenian seperti kuda kepang, grup kentongan dari murid-murid SD Kutowinangun, serta kesenian cepetan yang merupakan seni khas Kebumen juga tampak meramaikan kirab keliling kota.

Kirab dimulai dari Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kong Hwie Kiong pukul 14.00. Salah satu yang diarak adalah  rupang Makco Thian Sang Senmu atau patung Dewi Samudera yang merupakan tuan rumah Kelenteng Kong Hwie Kiong ikut diarak Keliling Kota Kebumen. Kirab budaya yang merupakan ritual jut bio itu menampilkan khas Tionghoa seperti barongsai dan liong samsi.

Lihat Harga Kamera Murah Terbaik di Sini!

Arak-arakan kirab melalui Jalan Pramuka, Jalan Pemuda, Tugu Lawet, Jalan Pahlawan, melalui Jalan S Parman, Jalan Soetoyo, sampai perempatan Bakso Urip ke selatan Jalan Soeprapto, Jalan Kolonel Sugiyono dan kembali ke Kelenteng Kong Hwie Kiong. Di sepanjang jalan, masyarakat tampak menyaksikan jalannya kirab. Di sepanjang pertokoan, barongsai dan liong samsi menyambangi pertokoan yang para pemilik dan karyawannya memberikan angpao.

Tarik Perhatian

Salah satu yang menyita perhatian adalah atraksi drumband SMK Negeri 1 Puring. Atraksi ekstrim yang diperagakan oleh para pelajar di depan kantor kecamatan Kebumen memukau warga yang menyaksikan. Selain polisi, Banser dan Pemuda Pancasila ikut mengamankan jalannya kirab.

"Tahun ini kirab cukup meriah," kata Ketua Panitia, Henki Halim.

Beli Tiket & Voucher Online Murah dan Mudah di Sini

Ketua Yayasan TITD Kong Hwie Kiong Sugeng Budiawan menambahkan, selain kirab budaya, perayaan Cap Go Meh di Kebumen juga dimeriahkan berbagai acara. Pada malam hari, digelar makan malam bersama di Kelenteng Kong Hwie Kiong Kebumen. Dilanjutkan dengan atraksi liong dan barongsai, serta pesta kembang api.

"Pesta rakyat menyediakan 2.000 kupon untuk warga sekitar," ujar Sugeng Budiawan.


(Supriyanto/CN39/SM Network)