• KANAL BERITA

Kiai Ma'ruf Genjot Elektabilitas di Banten

Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

SERANG, suaramerdeka.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin terus berusaha memperkuat basis suaranya di wilayah Banten. Sejauh ini, elektabilitas pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Kiai Ma'ruf sudah relatif aman di wilayah Jawa, namun di wilayah Banten masih perlu kerja keras.

Sebagai warga asli Banten, dirinya meminta masyarakat Banten mendukung paslon Jokowi - Ma'ruf untuk meraih kemenangan pada Pilpres 17 April mendatang. "Hari ini orang Banten diajak jadi calon wakil presiden. Besok ada orang Banten jadi presiden. Kalau orang Banten tidak dukung orang Banten, ya kelewatan," ujar Kiai Ma'ruf saat Silaturahim Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat dengan KH Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Tanara, Serang, Banten,  Selasa (19/2).

Dia menambahkan, sejauh ini dari berbagai survei paslon 01 sudah menang di hampir semua provinsi. "Menang dimana-mana, kalau Banten kalah kan isin (malu). Wong Banten kok gak bisa dipercaya makanya kudu menang. Sanggup nggak menang?" kata Kiai Ma'ruf memberikan semangat kepada para santri, ulama dan tokoh masyarakat yang langsung disambut teriakan bersama, "Sanggup...!" 

Menurut Kiai Ma'ruf ada beberapa zona yang perlu dimantapkan termasuk di lingkungan Pesantren Tanara.

"Ada sekian banyak kecamatan, anak-anak muda terutama kiai-kiai muda, akan ada diskusi dengan saya dengan saya membicarakan bagaimana memperoleh kemenangan di sana," katanya.

Abah sapaan akrabnya memandang bahwa kunjungan dirinya selama lima kali ke Banten ada progresnya. Pertama menurut Kiai Ma'ruf, kunjungan ke Banten untuk menjaga suara di sana. Kedua, kata Kiai Ma'ruf, melakukan upaya-upaya penambahan baik dari swing voter undecided maupun yang sudah menentukan ke paslon 02 berbalik mendukung Jokowi dan dirinya. 

"Oleh karena itu saya harus bolak balik ke Banten, tapi juga besok pun saya ke Sulsel, nanti 24 saya ke Jawa Barat, ke Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, jadi enggak di Banten terus. Nanti juga berikut saya juga ke Sumut, Medan, Jakarta, ada Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, jadi tidak melulu Banten," katanya.

Sementara itu, Wakil Rais Suriyah PWNU Banten KH Ahmad Junaedi  optimistis pasangan Jokowi-Kiai Ma'ruf akan unggul di Banten. Menurutnya, sejauh ini konsolidasi di kalangan ulama sudah cukup solid. 

"Insyaallah beliau menang. Dan saya melihatnya ketika saya turun (ke lapangan) sana itu (kubu Prabowo-Sandi) hanya chasing saja dengan cara memasang spanduk, itupun sering tak izin dengan yang menguasai wilayah. Itupun hanya chasing-chasing saja. Jadi kami yakin untuk Banten ini insyaAllah menang. Memang untuk 2014 kalah. Sekarang untuk (ponpes) salafi dan NU kompak semua," katanya.


(Mahendra Bungalan/CN19/SM Network)