• KANAL BERITA

1.080 Pramuka Ikuti Pesta Siaga 

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Barung putra SDN 3 Makam Kecamatan Rembang dan barung putri SDN 1 Baleraksa Kecamatan Karangmoncol meraih juara 1 Barung Tergiat dalam Pesta Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga Tahun 2019. 

Kegiatan yang dilakukan di Bumi Perkemahan Munjulluhur diikuti oleh 1.080 peserta dari 18 kwartir ranting yang terdiri dari 54 barung putra dan 54 barung putri, Sabtu (16/2).

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Subeno saat membuka Pesta Siaga menyampaikan 3 pesan.  Yakni Siaga harus berbakti pada ayah bunda, Siaga harus berani dan tidak putus asa, serta Siaga tidak boleh sombong. 

Dia menambahkan, pramuka siaga juga harus bermental juara, yang mana mental juara bukan senang karena menerima keberhasilan namun bisa menerima kegagalan.

"Karena yang nantinya juara akan mewakili Purbalingga, diharapkan nantinya yang juara bisa lebih menunjukkan jati diri, menunjukkan motivasi di tingkat selanjutnya," katanya.

Subeno berterima kasih kepada semua jajaran pembina pramuka baik dari tingkat gugus, ranting sampai cabang, yang telah memberikan sumbangsihnya pada pembangunan manusia. 

"Karena Gerakan Pramuka merupakan bagian integral dari pembangunan manusia di Kabupaten Purbalingga," katanya.

Pada pesta siaga kali ini ada 10 taman yang dilombakan yakni taman agama, taman bumbung, tali-temali, kompas, ketangkasan, pentas seni. Peraturan baris berbaris, kepribadian, pengetahuan umum serta administrasi.

Untuk kejuaran barung putra, juara 2 diraih oleh MIM Bodaskarangjati Rembang, juara 3 SDN 3 Tunjungmuli Karangmoncol, juara harapan 1 SDN 1 Karangjengkol Kutasari, harapan 2 MIN 3 Purbalingga Bukateja dan harapan 3 SDN 2 Purbalingga Lor.

Barung putri juara 2 SDN 1 Karangduren Bobotsari, juara 3 MIN 1 Purbalingga Kertanegara, harapan 1 SDN 3 Makam Rembang, harapan 2 SDN 2 Kasih Kertanegara dan harapan 3 SDN 4 Pengalusan Mrebet.


(Arief Noegroho/CN39/SM Network)