• KANAL BERITA

Pengecekan Kendaraan Dinas Hindari Kecelakaan

CEK KENDARAAN: Seorang personel Detasemen Markas (Denma) Korem 072/Pamungkas mengecek kelengkapan kendaraan dinas yang dipakai oleh anggota Korem Pamungkas di lapangan apel Makorem setempat. (suaramerdeka.com/Gading Persada)
CEK KENDARAAN: Seorang personel Detasemen Markas (Denma) Korem 072/Pamungkas mengecek kelengkapan kendaraan dinas yang dipakai oleh anggota Korem Pamungkas di lapangan apel Makorem setempat. (suaramerdeka.com/Gading Persada)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kondisi kendaraan dinas yang baik tentunya mendorong kinerja para tentara di lingkungan Korem 072/Pamungkas Yogyakarta menjadi lancar.

Atas hal itu Detasemen Markas (Denma) Korem 072/Pamungkas menggelar pemeriksaan kendaraan kendaraan dinas yang dipakai para tentara dan juga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Korem Pamungkas.

"Kami cek setiap kendaraan dinas baik sepeda motor ataupun mobil," tutur Komandan Denma (Dandenma) Korem 072/Pamungkas, Kapten Arh Asil Harjanto, kemarin.

Pemeriksaan kendaraan dinas yang dilaksanakan di lapangan apel Makorem Pamungkas ini difokuskan pada kelengkapan administrasi yang meliputi STNK dan SIM bagi pemegang kendaraan dinas.

Selain itu pemeriksaan terhadap kelengkapan kendaraan yang meliputi kondisi mesin, lampu belakang, lampu utama, lampu sen depan belakang, sistim pengeremen dan kaca spion serta kondisi roda mengingat saat ini sedang musim hujan. 

"Karena kendaraan dinas merupakan barang atau materiil inventaris satuan yang harus selalu dipelihara atau dirawat  oleh pemakai kendaraan dinas baik kendaraan roda empat maupun roda dua, sehingga kendaraan selalu siap digunakan dan dapat memperpanjang usia pakai kendaraan tersebut," papar Dandenma.

Menurut Kapten Asil, tujuan dilaksanakannya pemeriksaan kendaraan dinas tersebut secara tak langsung sebagai salah satu upaya penegakan ketertiban di lingkungan Makorem 072.

Penegakan ketertiban ini menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan guna mendukung pelaksanaan tugas dan tanggung jawab. Dengan demikian diharapkan seluruh personel Korem Pamungkas terutama pemegang kendaraan dinas dapat berkonsentrasi terhadap tugas dan tanggung jawabnya tanpa harus memikirkan hal-hal lain yang bisa mengganggu pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sehari-hari.

"Pemeriksaan kendaraan dinas akan terus berlanjut dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya laka lalin, mewujudkan tertib berlalulintas dan tertib berkendaraan dilingkungan prajurit. Termasuk juga pemeriksaan internal anggota TNI ini dilakukan untuk meminimalisasi pelanggaran anggota, utamanya dalam kepatuhan berlalu lintas," tandas Dandenma.


(Gading Persada /CN39/SM Network)