• KANAL BERITA

PPA UI Gali Informasi Tenaga Auditor Inspektorat Temanggung

Tim PPA FEB UI melakukan wawancara dengan Kepala Inspektorat Kabupaten Temanggung Cuk Sugiharso di kantor setempat, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Tim PPA FEB UI melakukan wawancara dengan Kepala Inspektorat Kabupaten Temanggung Cuk Sugiharso di kantor setempat, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPA FEB- UI) melakukan kunjungan di kantor Inspektorat Kabupaten Temanggung, baru-baru ini. Kunjungan dimaksudkan untuk mendapatkan informasi dan masukan berkait keberadaan tenaga auditor, guna perbaikan kurikulum  pelatihan Jabatan Fungsional Auditor (JFA).

Dalam kunjungan tersebut, rombongan tim dipimpin Vera Diyanty bersama tiga orang anggota. Mereka diterima oleh Kepala Inspektorat Cuk Sugiharso didampingi staf. Menurut Ketua Tim, Vera Diyanty, USAID CEGAH dan PPA FEB UI saat ini sedang menjalankan kerja sama dalam proyek  memperkuat kompetensi internal auditor melalui pembaruan program dan kurikulum JFA.

Menurut dia, proyek tersebut bertujuan untuk melakukan pembaruan terhadap program dan kurikulum JFA berdasarkan standar kompetensi internal auditor internasional dan praktik di lingkungan pemerintah. Selain itu juga bertujuan memberikan rekomendasi mengenai struktur dan desain pelatihan untuk JFA. Hal itu untuk mendapatkan gambaran riel mengenai keberadaan tenaga auditor di lapangan.

Pada kesempatan itu tim mengadakan kegiatan dengan berkunjung di Inspektorat Kabupaten Temanggung. Pihaknya melakukan wawancara dengan kepala inspektorat dan sejumlah auditor, guna menggali informasi tentang pelaksanaan tugas auditor. Dari wawancara yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa keberadaan tenaga auditor masih dijumpai berbagai kelemahan.

Antara lain mengenai karakter, mitigasi resiko fraud, sikap professional dan pembuatan pelaporan serta pemanfaatan teknologi informasi dalam melakukan pengawasan. Dengan demikian secara umum kompetensi internal auditor memang perlu ditingkatkan melalui perbaikan kurikulum pelatihan.

“Serapan informasi dari Inspektorat Temanggung ini menjadi bahan berharga sebagai kajian, guna merumuskan rekomendasi pembaruan terhadap program dan kurikulum JFA. Hasil rumusan rekomendasi nantinya akan disampaikan kepada Pusbin JFA dan Pusdiklatwas," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Cuk Sugiharso mengatakan, dengan adanya kunjungan dari PPA FEB-UI memacu semangat untuk lebih optimal dalam melaksanakan tugas pengawasan. Untuk meningkatkan kualitas tenaga auditor, selama ini telah beberapa kali mengirimkan  peserta, guna mengikuti pelatihan yang diselenggarakan pemerintah.

Namun diakui, saat ini masih mengalami kekurangan tenaga auditor dari kebutuhan ideal 54 orang baru terpenuhi 15 orang. "Dari tenaga auditor yang ada kita dayagunakan untuk memaksimalkan tugas-tugas pengawasan sehingga semuanya bisa berjalan efektif dan efisien. Dengan demikian kegiatan  pemerintahan dan pembangunan utamanya dari sisi penggunaan anggaran bisa tepat sasaran sesuai ketentuan," tandasnya.


(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)