• KANAL BERITA

Program Pembuatan Demplot Kebun Pepaya Desa Kebon Jadi Percontohan

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

KLATEN, suaramerdeka.com - Koramil 18 Bayat mendukung program yang dibuat oleh Dinas Pertanian Kecamatan Bayat dan diberikan kepada Desa Kebon yaitu Posluhdes (Pos Penyuluhan Desa) dalam pembuatan demplot kebun pepaya. Program ini yang akan dijadikan percontohan buat masyarakat di sekitarnya.

Oleh karena itu Babinsa membantu pembuatan selokan di sekitar pohon pepaya agar kadar air dalam tanah tidak berlebihan. Karena jika terlalu banyak air, pohon pepaya akan layu. Kebetulan yang ditunjuk oleh Dinas Pertanian Kecamatan Bayat adalah Desa Kebon. Sedangkan lahan yang digunakan adalah lahan kas desa dengan luas tanah sekitar 1800 m2 dan dapat ditanami pohon pepaya sekitar 250an pohon.

Babinsa Desa Kebon, Sertu Agus Sp, menyampaikan kepada PPL agar selalu berkoordinasi dalam setiap kegiatan di sawah atau pun di kebun yang sudah dikelola oleh dinas pertanian.

"Kita akan selalu membantu tenaga bersama petani mengolah lahan sawah atau kebun dengan penuh semangat dan kebersamaan. Bersama petani, saya yakin apa yang menjadi harapan dapat terwujud sebagai desa percontohan dalam pembuatan demlot kebun pepaya," ungkap Sertu Agus.

"Kita harus optimis dengan bersama Babinsa, PPL dan Petani dalam kerja keras dapat menghasilkan yang maksimal dan nanti bisa membuat lahan kebun yang lain seperti kebun jeruk yang sudah dimulai dirintis. Petani harus bisa mandiri setelah mendapat pendampingan dan penyuluhan dari petugas lapangan," imbuhnya.

PPL Desa Kebon, Retno, sangat mengapresiasi Babinsa yang selalu aktif dalam pendampingan dan mengucapkan banyak terima kasih telah memberi semangat kepada petani di sini.


(Red/CN40/SM Network)