• KANAL BERITA

Jelang Rakerda, Ikadin Audiensi ke Kejati

AUDIENSI: Ketua DPD Ikadin Jateng Rangkey Margana (dua dari kiri) bersama sekretarisnya, Sutan M Rofian (tiga dari kanan) saat audiensi dengan Kepala Kejati Jateng Sadiman di ruang kerja Kajati Jateng, Selasa (12/2). (Foto: suaramerdeka.com/Royce Wijaya)
AUDIENSI: Ketua DPD Ikadin Jateng Rangkey Margana (dua dari kiri) bersama sekretarisnya, Sutan M Rofian (tiga dari kanan) saat audiensi dengan Kepala Kejati Jateng Sadiman di ruang kerja Kajati Jateng, Selasa (12/2). (Foto: suaramerdeka.com/Royce Wijaya)

SEMARANG, suaramerdeka.com -  Pengurus DPD Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) dan panitia rapat kerja daerah (Rakerda) Ikadin audiensi dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng Sadiman di ruang Kajati, Selasa (12/2). Dalam kesempatan itu, Sadiman menekankan, jaksa dan advokat harus dituntut profesional dalam menangani setiap perkara. Meski terkadang masih banyak kekurangan, namun kedua penegak hukum itu harus saling mengisi dan mengingatkan.

"Lawyer (advokat- ) bisa sejalan dengan jaksa saat mendampingi korban. Sebaliknya, mereka kadang berseberangan dengan jaksa, karena mendampingi tersangka atau terdakwa," jelasnya. 

Intinya profesi itu semuanya baik, kalau jaksa maupun advokat kerja profesional tidak ada masalah. Ketika ada ketidaksesuaian, pihaknya mempersilakan advokat menangkalnya secara yuridis. Namun, yang jadi masalah itu kadang ada yang melakukan perlawanan dengan menyerang secara pribadi. Hal itu dinilai bentuk ketidakprofesionalan. 

Audiensi itu dihadiri Ketua DPD Ikadin Jateng Rangkey Margana dan sekretarisnya Sutan M Rofian, Ketua DPC Ikadin Kota Semarang Mahmud Y Valla, Ketua Rakerda Ikadin Jateng Edy Mulyono dan Sekretaris Rakerda Dian Setyo Nugroho beserta panitia. 

Mengenai audiensi, Sadiman mengapresiasi DPD Ikadin yang mendaulatnya membuka rapat kerja daerah (Rakerda) di Hotel Griya Persada Bandungan, Kabupaten Semarang pada Jumat- Sabtu (22-23/2) mendatang. "Insya Allah, saya bisa hadir," tegas Sadiman. Dalam kesempatan itu, Rofian menegaskan, Ikadin memiliki anggota 700 advokat se-Jateng. Organisasinya ini dibawah kepemimpinan ketua umum DPP Ikadin Prof Dr Todung Mulya Lubis. Rakerda ini akan membahas program kerja organisasinya. 

Mahmud Valla selaku panitia menegaskan, rakerda yang rencananya diikuti anggota Ikadin se-Jateng bakal dimeriahkan kehadiran artis-artis ibukota. Di sisi lain, Rangkey sepakat dengan pernyataan kepala Kejati Jateng. Siapa pun klien yang dibelanya, advokat memang harus bersikap profesional.


(Royce Wijaya/CN41/SM Network)