• KANAL BERITA

Ikut Solo Great Sale, Alana Hotel Tidak Semata Cari Untung

Kunjungan manajemen Alana Hotel di kantor Suara Merdeka biro Solo, Selasa (12/2). (Foto: suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)
Kunjungan manajemen Alana Hotel di kantor Suara Merdeka biro Solo, Selasa (12/2). (Foto: suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)

SOLO, suaramerdeka.com - Kendati tidak mendapatkan potongan pajak dari pemerintah daerah setempat, namun Alana Hotel yang berlokasi di Colomadu Karanganyar dan Best Western Hotel di Solobaru Sukoharjo tetap ikut Solo Great Sale (SGS) dengan memberi potongan harga hingga sekitar 20 persen bagi para tamu yang menginap.

"Keikutsertaan kami dalam SGS semata-mata tidak mencari keuntungan tapi untuk mensukseskan SGS yang digelar Kadin Solo dan didukung PHRI," kata director of sales (DOS) Alana Hotel Marcelina, ketika bertandang ke kantor Suara Merdeka biro Solo, Selasa (12/2). Kedatangan rombongan Alana Hotel itu dalam rangka memberi ucapan selamat pada Suara Merdeka yang merayakan ulang tahun ke-69.

Sementara itu sebelumnya, public relations manager Novotel dan Ibis Stylish Tiwik Widowati berharap, panitia menggenjot promosi SGS. Sebab, hingga kini masyarakat terutama tamu hotel banyak yang belum tahu apa itu SGS.

Lantaran banyak yang belum tahu, kata dia, untuk mensiasati petugas front office hotel menanyai satu per satu para tamu untuk dimasukan dalam data SGS agar bisa mendapatkan hadiah utama yang diundi berupa rumah dan mobil.

"Itu pun bagi tamu yang bersedia dicatat dan bagi yang tidak bersedia, kami tidak memaksa," kata Tiwik yang datang ke kantor Suara Merdeka biro Solo, sehari sebelumnya.

Lebih lanjut Marcelina mengatakan, okupansi kamar Hotel Alana tahun 2018 ditutup di angka lebih dari 70 persen. Angka itu jauh lebih tinggi dari city okupansi yang tercatat hanya sekitar 50 persen. Menurut dia, untuk mencapai angka okupansi hingga 70 persen di tahun politik 2019 dirasa cukup berat, meski pihak manajemen tetap berupaya.

"Tapi pendapatan hotel itu tidak hanya dari penjualan kamar saja, ada sektor lain yang juga bisa dioptimalkan yakni FnB atau food and beverage,"
pungkasnya.


(Langgeng Widodo/CN41/SM Network)