• KANAL BERITA

Sukseskan Pemilu, KPU Batang Bentuk Relawan Demokrasi

Ketua KPU Batang, Nur Tofan ketika membuka Rapat Koordinasi di Hotel Sendang Sari. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)
Ketua KPU Batang, Nur Tofan ketika membuka Rapat Koordinasi di Hotel Sendang Sari. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

BATANG, suaramerdeka.com - Pesta demokrasi harus dihadapi dengan semangat dan kegembiraan. Untuk itu KPU Batang mengajak organisasi masyarakat dan LSM guna mendorong informasi pemilu sampai pada pemilih.

komputer & laptop

handphone & tablet

“Kita ajak organisasi masyarakat dan LSM untuk mendorong informasi pemilu sampai pada pemilih," kata Ketua KPU, Nur Tofan, saat rapat Koordinasi Kesiapan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu 2019, di Hotel Sendang Sari Batang, Selasa (12/2).

Ia mengatakan, Pemilihan Umum tinggal menghitung hari, yang pelaksanaannya 17 April 2019 mendatang. Namun di daerah, ujar Nur Tofan, belum ada grengnya walau pun di pusat sudah ada dinamikanya.

“Untuk menyukseskan Pemilu, KPU Kabupaten Batang telah membentuk Relawan Demokrasi. Ada 55 relawan yang sudah satu minggu ini melakukan sosialisasi. Mereka sudah bergerak dari kampung ke kampung dan komunitas,” sebut Nur Tofan.

Diungkapkan lebih lanjut, KPU Batang menargetkan 77,5 persen partisipasi pemilih, dan sesuai data KPU partisipasi masyarakatnya sangat bagus dan memenuhi target.

“Pada Pemilu 2014 partisipasi pemilih Kabupaten Batang mencapai 77.8 persen untuk Pemilu Legislatif. Pemilihan Presiden 2014 angka partisipasinya 73,5 persen,” terang Nur Tofan.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Batang, Gunadi mengatakan, mulai tanggal 28 Februari dan 27 Maret 2019, pihaknya membentuk Kelompok Penyelanggara Pemungutan Suara (KPPS) di 2.522 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dengan tugas melaksanakan penghitungan suara, juga melakukan sosialisasi pendidikan pemilih.

“Jumlah pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-2) untuk laki-laki sebanyak 302. 837 orang. Perempuan 303. 453 orang dengan jumlah pemilih seluruhnys 606.290 orang," kata Gunadi.


(Kasirin Umar/CN40/SM Network)