• KANAL BERITA

Kerajinan Mebel Sleman Bidik Pasar Lokal

Foto: konseprumahminimalis
Foto: konseprumahminimalis

SLEMAN, suaramerdeka.com - Maraknya pembangunan perumahan dan hotel di Sleman, membuka celah bagi para pelaku usaha mebel dan kerajinan untuk membidik pasar lokal. Ditambah adanya proyek pembangunan bandara baru yang diperhitungkan bakal menyedot banyak kebutuhan furniture dan dekorasi.

Menjaring peluang itu, Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki) Sleman Raya menggelar Sleman Innovative Furnicraft & Fashion Expo (Siffex) 2019. Pameran diadakan selama tujuh hari sejak Jumat (8/2) hingga Kamis (14/2) besok di Sleman City Hall.

Ketua Himki Sleman Raya, Rian Hermawan mengatakan, penyelenggaraan expo ini untuk mencari peluang di pasar lokal. "Sleman sekarang mulai padat bangunan apartemen, hotel, dan perumahan. Karena itu kami merasa perlu ditampilkan event semacam ini," kata Rian, Selasa (12/2).

Pameran ini diikuti oleh 38 pelaku usaha dari Sleman. Adapun produk yang ditampilkan mulai dari kelas menengah hingga premium dengan mengusung keunggulan masing-masing. Pihaknya menargetkan mampu meraup setidaknya Rp 100 juta nominal transaksi.

Agar lebih menarik pengunjung, ditampilkan pula ikon patung elang Jawa dan gorila yang terbuat dari limbah akar kayu. "Pameran ini baru pertama kali kami adakan. Harapannya bisa berkelanjutan," ujarnya.

Untuk menjamin kualitas barang yang ditampilkan, panitia menyeleksi peserta terlebih dulu dan selanjutnya dilakukan kurasi terhadap produk. Wakil Ketua Himki Sleman Raya Bidang Organisasi, Budi menambahkan, Siffex sekaligus untuk mengenalkan kepada khalayak bahwa di Sleman terdapat banyak potensi kerajinan. "Masyarakat tahunya craft dikembangkan di Bantul, padahal di Sleman juga banyak," katanya.

Gelaran expo ini diharapkan pula bisa memberikan ide segar untuk pengembangan industri craft dan mebel di Sleman. Selama ini, pasar ekspor Sleman didominasi konsumen usia dewasa di negara Eropa. Sedangkan kalangan anak muda lebih memilih produk dari China.

Ke depan, Himki akan mencoba menyasar segmen konsumen muda tersebut melalui desain produk yang kekinian. Salah satu upayanya melalui kerjasama dengan kampus UKDW.


(Amelia Hapsari/CN33/SM Network)