• KANAL BERITA

Eks Pasar Induk Bakal Bakal Jadi ‘’Malioboro’’

BAKAL DITATA : Ruas jalan di kawasan bekas Pasar Induk Blora akan ditata lebih bagus sehingga mirip jalan Malioboro Yogyakarta. (sm/dok)
BAKAL DITATA : Ruas jalan di kawasan bekas Pasar Induk Blora akan ditata lebih bagus sehingga mirip jalan Malioboro Yogyakarta. (sm/dok)

BLORA, suaramerdeka.com – Pemkab Blora bakal menata ulang kawasan bekas Pasar Induk Blora menjadi mirip kawasan Malioboro Yogyakarta.  Kawasan tersebut  bakal disulap menjadi area yang ramah bagi pejalan kaki dan cocok untuk wisata keluarga.

Menurut rencana, trotoar di Jalan Mr Iskandar di sebelah timur pasar induk akan ditata menjadi lebih familier bagi pejalan kaki. Area itu juga akan dilengkapi lampu penerangan jalan yang dibangun di samping kanan kiri jalan.

Penataan serupa dilakukan di bekas Pasar Relban. ‘’Dalam waktu dekat ini kami akan diundang para pemilik toko di sekitar bekas Pasar Induk Blora. Kami akan sosialisasikan kepada mereka, kawasan bekas pasar induk akan kami ubah seperti Malioboro,’’ ujar Bupati Djoko Nugroho, Senin (11/2).

Seiring tak lagi beroperasinya Pasar Induk Blora, kondisi jalan di sekitar pasar yang diresmikan 4 Mei 1973 itupun sudah lengang. Belasan pohon besar sudah ditebang. Tinggal toko-toko di seberang jalan yang masih nampak aktivitas jual beli. Sedangkan di kawasan bekas Pasar Relban sejumlah rumah penduduk kokoh berdiri.

Bupati Djoko Nugroho menyatakan, setelah trotoar diperbaiki, jalan akan dibuat lebih menarik dengan paving warna warni. Sedangkan jalan bekas Pasar Rel akan diaspal sehingga rapi dan bersih. ‘’Itu kawasan Kota Lama. Kami ingin menata Kota Lama itu lebih indah,’’ tandas Bupati.

Adapun bekas Pasar Induk Blora, kata Bupati, akan dibuat pertokoan dan perkantoran. ‘’Bisa juga untuk kantor perbankan,’’ kata Djoko Nugroho.


(Abdul Muiz/CN34/SM Network)