• KANAL BERITA

Warga Usulkan Peningkatan Mutu Jalan

BERI SAMBUTAN:  Bupati Semarang, Mundjirin memberikan sambutan sekaligus arahan ketika menghadiri Musrenbang lingkup Kecamatan Bawen di Aula PT AIC Bawen, Senin (11/2). (Foto: suaramerdeka.com/Ranin Agung)
BERI SAMBUTAN: Bupati Semarang, Mundjirin memberikan sambutan sekaligus arahan ketika menghadiri Musrenbang lingkup Kecamatan Bawen di Aula PT AIC Bawen, Senin (11/2). (Foto: suaramerdeka.com/Ranin Agung)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Upaya peningkatan mutu jalan tembus Samban (Kecamatan Bawen)-Kebonan (Kecamatan Bergas) diharapkan bisa terealisasi tahun ini. Pernyataan tersebut disampaikan Camat Bawen, Gunadi ketika Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2020 lingkup Kecamatan Bawen di Aula PT AIC Bawen, Senin (11/2).

Apabila jalan pengubung dua wilayah itu mutunya baik, pihaknya optimistis sarana yang ada bisa untuk mengurai kemacetan di jalan utama Semarang-Solo ketika jam berangkat serta pulang pabrik di wilayah Bawen.

“Di Kecamatan Bawen dan Kecamatan Bergas memang banyak pabrik dengan ribuan karyawan. Setiap pukul 07.00 dan pukul 19.00, selalu terjadi kemacetan di beberapa titik. Meski sudah diantisipasi petugas, tetap saja macet,” ungkapnya.

Di samping untuk mengurai simpul kemacetan lalu lintas, usulan yang disampaikan itu diharapkan juga dapat mendukung pengembangan Wisata Gunung Kendalisodo di Dusun Karangjoho, Samban.

“Pengembangan wisata itu melibatkan tiga desa, yakni Samban, Doplang, dan Harjosari. Jika menjadi jujukan wisatawan, tentunya bisa berimbas pada meningkatnya kesejahteraan warga,” kata Gunadi.

Menanggapi beberapa usulan yang mengemuka, Bupati Semarang, Mundjirin kembali mengingatkan para kepala desa untuk efektif menggunakan Dana Desa. Sejalan dengan itu, ia meminta para kepala dan perangkat desa untuk kreatif menggali potensi desanya masing-masing. Khusus terkait usulan peningkatan mutu jalan pengubung, dirinya menuturkan, hal itu bisa terealisasi ketika ada koordinasi antar wilayah.

“Istilahnya program ruas tuntas, yakni ruas jalan di satu desa dapat terhubung dengan ruas jalan di desa tetangga. Meski hanya sepanjang lima ratus meter saja, tetapi akan berdampak pada usaha ekonomi produktif warga setempat,” tuturnya.


(Ranin Agung/CN41/SM Network)