• KANAL BERITA

Babinsa Ceper Dampingi Petani Tanam Padi dengan Sistem Jajar Legowo

foto: suaramerdeka.com/dok
foto: suaramerdeka.com/dok

KLATEN, suaramerdeka.com - Babinsa Desa Kuncen Koramil 23/Ceper, Koptu Suparman, melaksanakan pendampingan tanam  padi jenis Mekongga dengan sistem Jajar Legowo di lahan milik Sugeng, anggota kelompok Tani Makmur 3. Pola tanam Jajar Legowo merupakan sistem penanaman yang mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berapa di pinggir atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir bisa Jajar Legowo 6-1 .

Multipro Elektrik 2in1 Alat Penyemprot Pertanian

Pada kesempatan itu, Koptu Suparman mengatakan, upaya dalam meningkatkan produksivitas harus tetap ditingkatkan.  Sistem Jajar Legowo sangat tepat diterapkan, sementara Desa Kuncen memiliki potensi strategis dengan kondisi lahan yang cukup subur dapat memberi kontribusi dalam mendukung pencapaian target program pemerintah. Karena dengan sistem Jajar Legowo Pertumbuhan rumpun padi nanti akan lebih banyak dan pasti hasil panen akan lebih bagus.

"Manfaat yang dirasakan ketika Tanam Padi dengan Sistem Jajar Legowo yaitu bertambahnya jumlah tanaman padi akan meningkatkan produksi tanaman padi secara signifikan," ungkap Sugeng.

"Selain itu dapat memperbaiki kualitas gabah, karena akan semakin banyaknya tanaman pinggir dan dapat mengurangi serangan penyakit pada tanaman padi. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa bersama para petani diharapkan menghasilkan panen padi lebih bagus dan produksivitasnya semakin meningkat," imbuhnya.

 

 


(Red/CN40/SM Network)