• KANAL BERITA

Kipas Khusus Atasi Bau Kandang Ayam

KIPAS KHUSUS : Yaskuri memamerkan kipas hisap khusus kandang ayam di bengkel. (suaramerdeka.com / Ali Basarah)
KIPAS KHUSUS : Yaskuri memamerkan kipas hisap khusus kandang ayam di bengkel. (suaramerdeka.com / Ali Basarah)

PEMALANG, suaramerdeka.com – Pemilik bengkel Noval Jaya Pemalang, Yaskuri mengatakan  masalah polusi udara dari bau kotoran dan bau ayam bisa diatasi dengan teknologi sederhana dengan biaya relatif rumah.

Apabila bau sudah diredam maka persoalan lain yang mengekor yaitu berkembangbiaknya lalat bisa teratasi."Bau kotoran dan debu di kandang atau bau ayam itu sendiri bisa diatasi dengan kipas penghisap udara," kata Yaskuri.

Dia membuat kipas udara dengan ukuran jumbo yang bisa dipakai untuk kandang ayam berkapasitas 1.000-3.000 ekor. Kipas digerakkan dengan dinamo listrik tanpa suara berisik. "Kipas digerakkan dengan dinamo listrik sehingga tidak berisik dan tidak mengganggu pertumbuhan ayam pedaging,"ujarnya.

Yaskuri mengaku karyanya itu dibuat atas ide sendiri dan mempelajari kinerja kipas dari internet. Kipas bisa dipesan di bengkel Jalan Lingkar Utara Pemalang, Kelurahan Beji, Kecamatan Taman. Harganya tidak terlampau mahal.

Menurutnya apabila dari awal usaha budi daya ayam pedagang dilengkapi dengan kipas penghisap maka persoalan dengan lingkungan bisa diatasi. Ayam dapat tumbuh dengan baik dan sehat kemudian lingkungan juga tidak terganggu.

Dengan kipas penghisap, kebersihan kandang akan terjaga karena semua jenis debu baik debu kotoran, pakan maupun bulu ayam akan terhisap. Begitu juga kotoran yang basah juga cepat mengering.


(Ali Basarah/CN26/SM Network)