• KANAL BERITA

Panglima TNI Hadiri Undangan Upacara HUT Ke-18 F-FDTL

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

TIMOR LESTE, suaramerdeka.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Hadi Tjahjanto mendapat penghargaan berupa Undangan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun F-FDTL (Fora de Defesa de Timor Leste) ke-18, bertempat di Mabes F-FDTL, Fatuhada, Dili Timor Leste, akhir pekan lalu.

Panglima TNI dan Ketum DP beserta rombongan tiba di Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato, Dili dengan menggunakan pesawat VIP TNI AU Boeing-737 pada pukul 08.30 LT dan disambut oleh Wakil Panglima Angkatan Bersenjata Timor Leste  Duta Besar RI untuk RDTL Drs. Sahat Sitorus, Perwakilan F-FDTL, Atase Pertahanan RI di Dili dan Atase Kepolisian RI di Dili.

Tiba di Mabes F-FDTL, Panglima TNI menerima Jajar Kehormatan dari Prajurit FDTL. Tampak hadir mendampingi Panglima TNI, Aspers Panglima TNI Marsekal Muda TNI Dedy Permadi, M.MDS., Aster Panglima TNI Mayjen TNI George E. Supit dan Kapuskersin TNI Laksma (P) Didik Kurniawan, S.T., M.Si.

Dalam kegiatan ini Panglima TNI disambut langsung oleh Panglima Angkatan Bersenjata Timor Leste Mayor Jenderal Lere Anan Timur. Sedangkan upacara dipimpin oleh Presiden Timor Leste Dr. Francisco Guterres Lu Olo. Upacara ini juga dihadiri undangan VIP dari negara lain di antaranya Lieutenant General Takashi Motomatsu selaku Vice Chief of Staff Joint Staff Japanese Self Defense Force serta beberapa Perwakilan tamu undangan dari negara lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pertukaran cenderamata antara Panglima TNI dengan Panglima Angkatan Bersenjata Timor Leste. Timor-Leste juga disebut Timor Lorosa'e yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.

Jika melihat sedikit kebelakang, Setelah masa transisi yang diorganisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa, Timor-Timur diakui secara internasional sebagai negara dan secara resmi merdeka dari Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002, Sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur, ketika menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis " Timor-Leste " sebagai nama resmi.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)