• KANAL BERITA

Presiden Venezuela Putus Hubungan Diplomatik dengan AS

Foto: Reuters
Foto: Reuters

VENEZUELA, suaramerdeka.com - Venezuela, Rabu (23/1), memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat. Pemerintah Venezuela mempersilahkan semua pegawai kedutaan Amerika meninggalkan negara itu dalam waktu 72 jam.

Hal itu dikatakan oleh Presiden Nicolas Maduro beberapa jam setelah Presiden Donald Trump secara resmi mengakui Juan Guaido sebagai pemimpin sementara Venezuela dan menyampaikan peringatan keras kepada Maduro.

“Kami belum mempertimbangkan tindakan apapun saat ini, tapi semua kemungkinan sedang dipelajari, kalau tidak ada transisi ke pemerintahan demokratis di negara itu," kata Trump kepada wartawan.

Keputusan Trump itu dikeluarkan setelah Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden ketika berlangsung aksi demonstrasi besar menentang Maduro. “Hari ini saya dengan resmi mengakui ketua DPR Venezuela Juan Guaido sebagai presiden sementara Venezuela,” kata Trump.

Para pejabat Gedung Putih mengatakan, Trump belum menyebut akan mengambil tindakan apa pun, seperti blokade angkatan laut atau tindakan militer lainnya, kalau Maduro melancarkan aksi kekerasan terhadap demonstran atau Guaido.

Pemerintahan Trump kemungkinan akan mengenakan sanksi-sanksi baru atas sektor perminyakan Venezuela kalau keadaan politik memburuk di Caracas minggu ini.

Pantau berita terhangat dari gadget idamanmu


(VOA/CN33/SM Network)