• KANAL BERITA

PLN Minta Warga Tidak Potong Dahan Pohon di Dekat Jaringan Listrik

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com – Gangguan jaringan listrik kerap terjadi memasuki musim ekstrim saat ini. Gangguan karena adanya pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik, tentu saja sangat dikeluhkan masyarakat.

Plt Manager Komunikasi Unit Induk Distribusi PLN Jateng-DIY Haris mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi timbulnya kasus gangguan kelistrikan karena cuaca ekstrim ini. Namun diakuinya, beberapa pohon luput dari kegiatan rabas-rabas jaringan karena keterbatasan tenaga di lapangan.

Sebelum memasuki musim hujan, diungkapkan Haris, pihaknya sudah melakukan upaya pemeliharaan jaringan. Hanya saja, upaya tersebut terkendala warga yang menolak pohon di depan rumahnya ditebang. Padahal, keberadaan pohon tersebut dianggap membahayakan jaringan listrik jika sewaktu-waktu roboh karena angin kencang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, apabila ada pohon yang mendekati jaringan izinkan petugas PLN untuk memotongnya. Selain itu, kami juga mengimbau jangan sampai masyarakat yang memotong sendiri. Ini sangat membahayakan, karena jarak antara jaringan itu tiga meter dan harus kita jaga,” kata Haris dilansir dari Radio Idola. 

Masyarakat yang depan rumahnya terdapat pohon dekat dengan jaringan listrik diimbau untuk melapor ke kantor PLN terdekat atau menghubungi contact center 123.

“Lebih baik hubungi PLN, biar petugas kami di lapangan yang akan memotongnya. Kami sarankan masyarakat, untuk tidak menebang sendiri pohon yang bersinggungan dengan jaringan listrik. Gratis tidak dipungut biaya pemotongan pohon atau pemangkasan,” pungkasnya. 


(ER Maya/CN19/SM Network)