• KANAL BERITA

Sembilan Penyandang Disabilitas Terima Kursi Roda

KURSI RODA : Warga penyandang disabilitas menerima bantuan kursi roda dari Pemkab Demak. (Foto: suaramerdeka.com/Hasan Hamid)
KURSI RODA : Warga penyandang disabilitas menerima bantuan kursi roda dari Pemkab Demak. (Foto: suaramerdeka.com/Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Sebanyak sembilan penyandang disabilitas di Kabupaten Demak mendapatkan bantuan kursi roda dari Dinas Sosial P2PA Demak. Bantuan diserahkan kepada para penerima di aula kantor Dinas Sosial Demak.

Plt Kepala Dinsos P2PA Tatik Rumiyati didampingi Kabid Rehabilitasi Sosial Muhammad Romli mengatakan, penyaluran kursi roda tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Dinsos Provinsi Jawa Tengah dan United Celebral Palsy (UCP).

Dia meminta agar para penerima bantuan memanfaatkan sebaik mungkin kursi roda untuk menunjang aktivitas sehari-hari. "Kursi roda ini hak pakainya seumur hidup, sehingga tidak boleh dijual atau diberikan ke orang lain. Jika pemiliknya meninggal dunia bisa dikembalikan ke Dinas Sosial," tuturnya.

Pihaknya meminta agar ada pelaporan kondisi kursi roda minimal 2 tahun sekali. Hal itu agar ada perbaikan jika terdapat kursi roda yang rusak.

"Kalau tidak mungkin diperbaiki maka bisa diganti yang baru," terang Tatik Rumiyanti.

Ditambahkan Romli, kursi roda tersebut sesuai dengan kebutuhan para penrima bantuan. Dengan memakai kursi roda, mereka bisa melakukan aktivitas sebagaimana warga lainnya. "Paling tidak  dengan bantuan ini dapat mengurangi beban hidup mereka sehingga bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar," tambah Romli.

Secara simbolis kursi roda diberikan kepada Muhammad Nasrullah warga Jalan Nur Cahya Kelurahan Bintoro yang juga penyandang disabilitas. Dia menyampaikan ucapan terima kasih karena bisa memperoleh bantuan sesuai kebutuhan yang diharapkan.

"Saya sangat berterima kasih karena pemerintah sangat peduli dan memikirkan kondisi kami yang serba dalam keterbatasan," katanya.


(Hasan Hamid/CN41/SM Network)