• KANAL BERITA

Beredar Tabloid Sudutkan Capres, Bawaslu Lapor ke Dewan Pers

Foto sindonews
Foto sindonews

SEMARANG, suaramerdeka.com – Tabloid-tabloid yang diduga menyerang Calon Presiden Prabowo Subianto dan dikirimkan ke masjid-masjid, sangat meresahkan di tengah persiapan jelang Pilpres 2019, April mendatang.

Komisioner Bawaslu Jawa Tengah M Rofiudin mengatakan pihaknya mendapatkan laporan tersebut dari masyarakat. Tabloid bernama “Indonesia Barokah” itu dikirimkan ke masjid-masjid, dibungkus amplop warna coklat. Pengirimannya disebar ke beberapa kabupaten/kota di Jateng. 

Rofi menjelaskan, alamat pengirim tabloid berada di Pondok Melati, Bekasi. Pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Dewan Pers terkait konten dari tabloid tersebut.

“Di wilayah Jawa Tengah di beberapa kabupaten/kota, ada pengiriman tabloid ke masjid-masjid yang rata-rata satu masjid mendapatkan tiga eksemplar. Tabloid kiriman itu dibungkus amplop coklat. Temuannya ada di Sukoharjo, Kabupaten Magelang dan Blora,” kata Rofi, dilansir dari Radio Idola.

Rofi meminta kepada masyarakat Jateng untuk tetap tenang. Pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak bereaksi berlebihan terkait beredarnya tabloid tersebut. Sebab, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dewan Pers.

“Dari sisi Dewan Pers nanti biar diteliti dan dianalisis, kategorinya apa. Apakah sesuai standar jurnalistik, bercampur opini atau framing tertentu. Kemungkinan kedua, bisa dianalisis status badan hukumnya,” pungkasnya.


(Red/CN19/SM Network)