• KANAL BERITA

Pemkot Magelang Lelang Empat Jabatan

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

MAGELANG, suaramerdeka.com – Pemkot Magelang melelang empat jabatan untuk mengisi kekosongan pejabat definitif di tiga dinas dan satu badan. Beberapa waktu belakangan, jabatan di empat instansi ini diisi oleh pelaksana tugas (Plt).

Keempatnya adalah Badan Kesbangpolinmas, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim), Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip), dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Dari empat itu, segera diisi melalui lelang jabatan ada dua, yakni Badan Kesbangpolinmas dan Disperkim. Oleh pimpinan dipandang strategis, terutama Kesbangpolinmas yang mendekati Pemilu,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang Aris Wicaksono di kantornya, Selasa (22/1).

Dia menuturkan, untuk pengisian keempat jabatan itu BKPP sudah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun, yang dilakukan pengisian melalui lelang terbuka baru dua, yaitu Kesbangpolinmas dan Disperkim.

“Pendaftaran dibuka 17 Januari dan ditutup pada 31 Januari 2019. Ini seleksi terbuka, maka pengumuman seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama itu dikirim ke Pemprov Jateng dan 35 kabupaten/kota se Jateng,” katanya.

Aris menjelaskan, syarat minimal setiap formasi pendaftarnya harus empat orang eselon III a dan eselon III b. Kalau jumlah pendaftaran kurang, maka harus diulang lagi sampai tercapai jumlah minimal.

“Sampai hari ini belum ada yang mendaftar, termasuk pendaftar dari dalam Pemkot Magelang sendiri,” tuturnya.

Syarat pendaftaran jabatan pimpinan tinggi pratama, katanya antara lain berstatus PNS di lingkungan pemkab/pemkot /pemprov Jateng. Menduduki jabatan struktural administrator (III a) sekurang-kurangnya dua tahun dan dapat pula diikuti pejabat administrator (III b) sekurang-kurangnya tiga tahun.

Lalu, berusia paling tinggi 56 tahun pada 1 Maret 2019 dan pendidikan minimal sarjana (S1), serta mendapat persetujuan/rekomendasi dari atasan langsung bagi PNS di lingkungan Pemkot Magelang, atau pejabat pembina kepegawaian bagi PNS dari luar lingkungan Pemkot Magelang.

“Juga harus melengkapi persyaratan lainnya yang ditentukan panitia seleksi,” tandasnya.

Aris menambahkan, penerimaan berkas lamaran dan seleksi administrasi dilaksanakan 17-31 Januari 2019. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 1 Februari 2019. Berikutnya penelusuran rekam jejak 1-5 Februari 2019. Pelaksanaan assesmen kompetensi 2-3 Februari, penulisan makalah 6 Februari, dan wawancara dan presentasi 7 Februari 2019.

“Pengumuman tiga nama calon perjabatan pada 9 Februari dan laporan hasil panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama kepada Komisi ASN untuk mendapatkan rekomendasi pada 12 Februari 2019,” ungkapnya.


(Asef Amani/CN40/SM Network)