• KANAL BERITA

Pengiriman Tenaga Kerja Ilegal ke Selandia Baru Ditelusuri

Foto: AP PHOTO via The Guardian
Foto: AP PHOTO via The Guardian

NEW DELHI, suaramerdeka.com - Polisi di India bagian selatan sedang menyelidiki upaya ilegal gelap untuk membawa lebih dari 100 orang warga India ke Selandia Baru dengan kapal penangkap ikan.

Kepala polisi di negara bagian Kerala sedang menanyai orang-orang yang sedianya akan ikut dalam kapal itu, yang katanya telah berlayar sembilan hari lalu menuju Selandia Baru.

Sojan, kepala polisi itu mengatakan, penyelidikan dilakukan setelah ditemukan puluhan koper dan bungkusan yang berisi makanan kering dan barang-barang lain yang dibutuhkan untuk perjalanan laut yang jauh, dekat pelabuhan Kochi.

Polisi yakin kapal penangkap ikan itu sarat penumpang sehingga sebagian harus meninggalkan barang - barang mereka. Kata Sojan, polisi belum berhasil melacak dimana kapal itu berada.

Tidak ada komunikasi radio dan pencarian dengan radar tidak menemukan apapun, tambahnya. Kapal itu, katanya lagi, baru saja dibeli khusus untuk melakukan pelayaran jauh itu.

Surat kabar Indian Express mengatakan, koper-koper dan bungkusan yang ditemukan tertinggal itu tampaknya milik sekitar 230 orang, tapi Sojan mengatakan ia tidak tahu berapa orang yang sesungguhnya berada di kapal penangkap ikan itu.


(VOA/CN33/SM Network)