• KANAL BERITA

Hari Ini Lion dan Wings Air Resmi Terapkan Bagasi Berbayar

Foto Istimewa
Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Hari ini, maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air mulai memberlakukan bagasi berbayar. Sebelumnya, perusahaan telah melakukan sosialisasi selama dua minggu terakhir terkait ketentuan tersebut.

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan tarif bagasi yang dikenakan kepada penumpang bervariasi. Hal itu akan disesuaikan dengan rute dan jam penerbangan.

"Benar, mulai berlaku hari ini. Penumpang bisa melihat harga (bagasi) saat melakukan reservasi tiket," ucap Danang, Selasa (22/1).

Seperti dilansir dari website Lion Air, rute Jakarta-Denpasar untuk bagasi dengan kapasitas berat 5 kilogram (kg) dikenakan biaya Rp95 ribu, 10 kg sebesar Rp190 ribu, 15 kg sebesar Rp285 ribu, 20 kg sebesar Rp380 ribu, 25 kg sebesar Rp475 ribu, dan 30 kg sebesar Rp570 ribu.

Sementara, bagi penumpang yang hendak bepergian dari Jakarta ke Padang harus siap-siap merogoh kocek minimal Rp100 ribu untuk bagasi dengan berat 5 kg. Lalu, untuk berat 10 kg biayanya sebesar Rp200 ribu, 15 kg sebesar Rp300 ribu, 20 kg sebesar Rp400 ribu, 25 kg sebesar Rp500 ribu, 25 kg sebesar Rp500 ribu, dan 30 kg sebesar Rp600 ribu.

"Bagi pelanggan yang akan membawa bagasi dapat membeli pada saat dan setelah beli tiket," tutur Danang.

Ia mengingatkan calon penumpang membeli slot bagasi enam jam sebelum keberangkatan. Masyarakat bisa membeli slot tersebut melalui agen perjalanan, website resmi perusahaan, dan kantor perwakilan Lion Air Group.

Lebih lanjut Danang mengimbau agar penumpang tiba di bandar udara (bandara) lebih awal atau 120 menit sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi antrean di counter bagasi. "Lion Air dan Wings Air juga sudah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam membantu kebutuhan pelanggan," ucap Danang.

Sebagai informasi, ketentuan kebijakan bagasi ini tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.


(CNN/CN19/SM Network)