• KANAL BERITA

BBPOM Jateng : Wujudkan Konsumen Brebes yang Cerdas dengan KLIK

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

BREBES, suaramerdeka.com – Lebih waspada terhadap bahan-bahan makanan, obat-obatan ataupun kosmetik yang sangat dominan mengandung formalin terutama di pasar bebas, menjadi hal yang dikupas dr. Fitriyansah dari BBPOM (Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan) Jateng.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), ditujukan kepada berbagai lapisan masyarakat khususnya Ibu rumah tangga, sehingga mengetahui pentingnya keamanan pangan dan bagaimana cara memilih obat, obat tradisional serta kosmetik yang aman digunakan sehari-hari.

Acara digelar di Gedung Korpri Kabupaten Brebes ini, dimulai pukul 13.00 sampai dengan 16.30 WIB, termasuk melibatkan pendampingan unsur TNI Kodim 0713 Brebes serta Polsek Brebes Kota. Senin (21/1).

Dinas Kesehatan Brebes selaku tuan rumah dari jumlah peserta yang mencapai 250 orang, bersinergi dengan BPOM Semarang guna mensosialisasikan bahaya formalin bagi manusia. Disampaikan narasumber, “Ikan asin adalah salah satu contoh bahan makanan yang sangat dominan mengandung formalin, jadi harus lebih jeli memilihnya. Saya juga menghimbau agar masyarakat tidak sembarangan menggunakan obat-obatan yang belum atau tidak terdaftar di Dinas Kesehatan,” ungkap dr. Fitriyansah.

Diulasnya lanjut, Badan POM kini lebih dekat dengan masyarakat, ini dibuktikan dengan dilakukannya KIE, tentang obat dan makanan yang aman dikonsumsi. “Pakailah obat-obatan herbal yang lebih alami sehingga aman bagi keluarga dan lingkungan, bebas BKO (Bahan Kimia Obat). Kini masyarakat dapat mengakses website Badan POM melalui alamat www.pom.go.id,” imbuhnya.

Masyarakat juga diperkenalkan tentang cara mengecek nomor izin edar melalui aplikasi cek BPOM, yaitu Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Cek Kadaluarsa), sehingga menjadi konsumen yang cerdas kedepannya. Tampak, Kapolsek Brebes, AKP Harti dan Danramil 01 Brebes Kodim 0713 Brebes, Kapten Inf. Nurhadi, memimpin anggota masing-masing melaksanakan pendampingan tersebut.


(Red/CN26/SM Network)