• KANAL BERITA

Ponpes Ngruki Bersiap Sambut Ba’asyir

foto: suaramerdeka.com
foto: suaramerdeka.com

SUKOHARJO, suaramerdeka.com - Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin Ngruki, Grogol, Sukoharjo melakukan persiapan untuk menyambut kedatangan pendiri pondok, Abu Bakar Ba’asyir yang akan bebas dari penjara.

Pada Senin (21/1), sejumlah pekerja tengah mendirikan tenda di sekitar masjid di dalam ponpes. Tenda itu untuk menampung jamaah jika di masjid dua lantai tersebut tidak bisa menampung saat menyambut kepulangan Abu Bakar Ba’asyir.

‘’Kami sudah siapkan tenda di sebelah masjid untuk mengantisipasi kalau sebagian warga ada mengikuti penyambutan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir,’’ ujar Pejabat Humas Ponpes Al Mukmin Ngruki, Muchson, Senin (21/1).

Daya tampungnya lebih dari 1.000 orang. ‘’Nanti untuk santri putri di lantai dua, sedangkan santri putra di lantai bawah. Jumlah santri itu ada 600 orang,’’ imbuh dia.

Biasanya, kata Muchson, Ustadz Abu Bakar Ba’asyir datang langsung masuk masjid. Setelah itu akan ada sambutan, tapi melihat kondisi.

Kalau kondisi Ustadz Abu Bakar Ba’asyir memungkinkan, bisa menyampaikan sepatah dua kata, kalau tidak memungkinkan langsung istirahat. 

‘’Untuk sambutan mungkin nanti bisa diwakili dari pihak keluarga atau pengacara. Jadi hanya itu saja acaranya,’’ terangnya.

Pihaknya belum mengetahui secara pasti kondisi Ustadz Abu Bakar Ba’asyir seperti apa. Selama ini dia tahu informasi itu dari putra Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rochim Ba'asyir.

‘’Kita belum berpikir sampai aktivitas di ponpes saat ustadz Abu pulang bagaimana. Yang penting ustadz kembali ke pesantren dulu, kembali ke keluarga terutama dan sehat dulu.’’ 

Kepulangan ustadz Abu ini juga belum diinformasikan ke para santri Ngruki. ‘’Mereka biar fokus belajar dulu,’’ papar dia.

‘’Insya Allah, beliau setelah ini akan tinggal di rumah saya di dalam pondok. Itu sudah dipersiapkan dengan bersih-bersih rumah. Pesantren juga akan persiapan untuk hal ini dan sudah dikoordinasikan,’’ kata putra Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rochim Ba'asyir. 


(Ari Welianto/CN34/SM Network)