• KANAL BERITA

Kader PKPNU Tanjung Digembleng Semangat Nasionalisme

Foto: suaramerdeka.com/ dok
Foto: suaramerdeka.com/ dok

BREBES, suaramerdeka.com – Nasionalisme bukan hanya milik dan tugas TNI saja, namun menjadi kewajiban dari 265 juta jiwa penduduk Indonesia, tepatnya 133,17 juta jiwa laki-laki dan 131,88 juta jiwa perempuan.

Generasi bangsa saat ini tidak harus mencucurkan darah untuk merebut kemerdekaan, namun yang harus dilakukan adalah mengisi kemerdekaan dengan pembangunan serta kaderisasi patriot muda. Sehingga untuk menumbuhkan, memupuk dan memelihara nasionalisme, perlu intens dilakukan pendidikan pembangunan karakter.

Ini seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 04 Tanjung Kodim 0713 Brebes, Sertu Mujito dan Serda Sri Kuntoro, melatih cara menghormat yang baik dan benar, kepada para peserta Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) angkatan ke-33 tahun 2019, bertempat di Madrasah Diniyyah Miftahul Ulum Desa Kemurang Kulon Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes, Minggu (20/1).

Terpisah, Danramil Kapten Inf. Muhtadi membenarkan, pihaknya selama dua hari Sabtu-Minggu (19-20/1) memandu pelatihan terhadap 73 orang kader PKPNU Tanjung. “Jiwa nasionalisme dan patriotisme di kalangan pemuda pada saat ini hanya muncul bila ada suatu faktor pendorong, seperti kasus klaim beberapa kebudayaan Indonesia oleh Malaysia. Namun rasa nasionalisme ini kembali berkurang seiring meredanya konflik tersebut,” ucapnya.

Harapan Danramil adalah terciptanya sosok panutan yang selanjutnya akan menularkan ilmunya mulai dari lingkup terkecil, yaitu keluarga.

Terlihat para peserta baik tua maupun muda, sangat antusias menerima bimbingan dari TNI. Sementara Ketua PKPNU MWC, Drs. Wahidin, mengucapkan banyak terima kasih.

Adapun materi yang diberikan selama karantina dua hari tersebut meliputi apel pagi dalam membentuk kedisiplinan, doa dalam menguatkan rohani, senam pagi untuk penguatan fisik dan kebugaran, PBB dan PPM dasar guna membentuk sikap militansi serta latihan penghormatan dasar baik perorangan maupun penghormat umum saat Upacara Bendera guna menghormati pemimpinnya serta pahlawan bangsanya.


(Red/CN33/SM Network)