• KANAL BERITA

Disdikpora Nilai Tata Panggung dan Kolaborasi Seni Siswa SMPN 1 Kertek Layak Diapresiasi

Siswa SMPN 1 Kertek melakukan kolaborasi apik dalam pagelaran Galaksi Spensaker di Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo, Sabtu (19/1) pagi. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)
Siswa SMPN 1 Kertek melakukan kolaborasi apik dalam pagelaran Galaksi Spensaker di Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo, Sabtu (19/1) pagi. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kertek menggelar Gelar Aksi Kreativitas Seni (Galaksi) Spensaker bertajuk 'Menggali Potensi Ekspresikan Kreasi' di Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo, Sabtu (19/1) pagi. Kegiatan tersebut diikuti seluruh siswa sekolah setempat, guna memberikan ruang ekspresi bagi siswa untuk  menampilkan kreativitas, bakat dan minat di bidang seni.

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Wonosobo Musofa, Pengawas SMP Wonosobo Masruhan, Kepala SMPN 1 Kertek Teguh Imam Prabowo, pengurus Komite SMPN 1 Kertek dan sejumlah tamu undangan lain. Kegiatan diikuti ratusan siswa sekolah setempat dari seluruh kelas, untuk menampilkan hasil kreativitas masing-masing kelas tersebut.

Sekretaris Disdikpora Wonosobo, Musofa menyebutkan, kegiatan Galaksi Spensaker tersebut menjadi ruang gerak dan kreativitas agar bakat dan minat yang dimiliki para siswa dapat disalurkan maupun diekspresikan secara lebih terarah. Dia mengaku sangat mengapresiasi langkah sekolah dengan adanya kegiatan yang sudah dilakukan tiga tahun berjalan. Karena menjadi terobosan menarik panggung kreasi siswa.

Namun pihaknya mempertanyakan apakah pihak sekolah maupun orang tua sudah melakukan kajian mendalam terhadap berjalannya kegiatan tersebut. Karena, selain menampilkan kreativitas siswa di bidang seni, kegiatan itu ternyata mampu menumbuhkan semangat kebersamaan, kolaborasi siswa dan memadukan berbagai tata panggung yang apik. Baik dari segi penampilan siswa, kostum, tata wajah, tata lampu, tata musik dan lainnya.

Musofa menyebutkan, kolaborasi dan kreativitas yang dipadukan secara apik, haruslah diapresiasi. Selain menjadi tampilan menarik secara langsung, alangkah lebih baik lagi apa yang disajikan bisa dipublikasikan secara luas melalui media sosial maupun media elektronik.

"Semoga kreativitas seperti ini bisa terus ditingkatkan dan mampu meningkatkan semangat para siswa untuk bisa menyalurkan bakat dan minatnya," terang dia.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kertek Teguh Imam Prabowo menyebutkan gelaran tersebut merupakan kali ketiga sebagai ajang untuk mengapresiasi bakat dan minat siswa. Sebelumnya gelaran acara disatukan dengan momentum wisuda siswa kelas VIII. Namun karena dirasa kurang memberi ruang kreativitas siswa secara total, akhirnya Galaksi digelar secara mandiri.

"Ini agar siswa bisa mengekspresikan bakat dan minatnya secara total, dengan durasi waktu yang lebih panjang," ujarnya. 


(M Abdul Rohman/CN42/SM Network)